Perbedaan RAM dan ROM yang Tercantum di Spesifikasi HP dan Laptop

Kompas.com - 17/07/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Saat membeli sebuh ponsel atau laptop tentu calon pembeli harus memperhatikan spesifikasinya. Seperti kualitas kamera, baterai, dan memori. Salah satu yang paling diperhatikan pelanggan umumnya mengenai kapasitas memori.

Adapun jenis memori dalam spesifikasi laptop dan HP terbagi menjadi dua, yaitu memori utama (RAM) dan media penyimpanan yang disebut ROM. Terkadang bagi sebagian pengguna, RAM dan ROM masih menjadi pertanyaan.

Meski terlihat serupa RAM dan ROM mempunyai fungsi dan peran yang berbeda pada ponsel. Apa saja yang perlu diketahui terkait dua jenis memori ini, selengkapnya berikut ini penjelasan dari KompasTekno.

Baca juga: Mengenal Virtual RAM, Benarkah Bisa Dongkrak Performa Ponsel?

Random Access Memory (RAM)

Secara harfiah RAM sendiri penyimpanan memori sementara saat laptop atau HP sedang digunakan. RAM berguna sebagai memori utama yang menyimpan data dari program yang dijalankan.

Data yang sudah tidak dijalankan akan dibersihkan dari memori utama dan ruangannya bisa digunakan untuk aplikasi lain.

Apabila memori penuh, maka aplikasi harus memakai ruang di memori secara bergantian sehingga kinerja ponsel akan menurun atau biasa disebut pengguna dengan “Lemot”, terutama saat berganti-ganti aplikasi.

Maka dari itu semakin besar kapasitas RAM, semakin data program yang bisa ditampung sehingga kinerja ponsel ata laptop saat menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan akan meningkat.

RAM sendiri memiliki sifat volatile yang berarti data yang ada di dalamnya tidak bisa disimpan secara permanen. Data tersebut akan terhapus apabila pasokan listrik terputus karena baterai habis atau perangkat sedang mati.

Baca juga: Ini Bedanya RAM, ROM, dan Memori Penyimpan Data

Read Only Memory (ROM)

ROMThoughtCo ROM

ROM merupakan komponen memori yang berguna untuk menyimpan program pada laptop dan smartphone. ROM inilah yang berguna untuk menyimpan beragam file. Seperti file musik, gambar, dan video.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.