4 Aplikasi Pendeteksi Judul Lagu dengan Suara di Android dan iOS

Kompas.com - 10/08/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com- Dalam situasi tertentu, mungkin bakal menjadi cukup menjengkelkan saat tengah mendengarkan alunan lagu yang cukup enak, tapi tidak mengetahui judulnya. Dengan tidak tahu judul, akhirnya lagu tersebut jadi sulit dicari bila hendak mendengar kembali.

Jika tengah menghadapi permasalahan tersebut, lantas bagaimana cara mencari lagu tapi tidak tahu judulnya? Kendati tidak tahu judul, namun sejatinya lagu dapat dicari juga dengan suara atau audio yang tengah berputar.

Baca juga: 5 Aplikasi Edit Foto Lebaran untuk Android dan iOS Agar Lebih Estetik

Cari lagu dengan suara dimungkinkan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia di beberapa aplikasi, seperti Shazam atau Soundhound. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa mendeteksi suara lagu yang tengah berputar dan mencarikan judulnya.

Aplikasi pendeteksi lagu dengan suara semacam itu bisa didapatkan dengan mudah di ponsel berbasis Android atau iOS. Lalu, apa saja aplikasi untuk mengetahui lagu dengan suara? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah daftar aplikasi pendeteksi lagu dengan suara.

Daftar aplikasi pendeteksi lagu dengan suara

1. Shazam

Ilustrasi aplikasi pendeteksi lagu dengan suara Shazam.App Store Ilustrasi aplikasi pendeteksi lagu dengan suara Shazam.

Aplikasi pendeteksi lagu dengan suara yang pertama adalah Shazam. Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk membantu pengguna mencari judul lagu, dengan cara mendeteksi suara atau audio yang tengah berputar.

Untuk mulai pencarian judul lagu, pengguna cukup mengetuk tombol “Listening” dan Shazam bakal mendeteksi suara yang tengah berputar. Shazam bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

2. Soundhound

Ilustrasi aplikasi pendeteksi lagu dengan suara Soundhound.App Store Ilustrasi aplikasi pendeteksi lagu dengan suara Soundhound.

Kedua, terdapat Soundhound. Aplikasi ini juga memiliki fitur utama untuk cari lagu dengan suara. Soundhound dapat mendeteksi suara atau audio dari lagu yang tengah berputar dan membantu mencarikan judulnya.

Untuk mulai cari lagu dengan suara di Soundhound, caranya hampir sama dengan Shazam, yakni mengetuk tombol “Listening”. Setelah terdeteksi, Shazam bakal menyajikan judulnya. Soundhound bisa diunduh melalui Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Baca juga: 5 Aplikasi dan Website untuk Menghitung Zakat

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.