Kompas.com - 09/08/2022, 19:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Istilah file dan folder tentu tak asing ditemui di beragam software komputer. Melansir Computer Hope, file adalah objek pada komputer yang menyimpan data, informasi, pengaturan, atau perintah yang digunakan dengan program komputer.

Pada komputer terdapat tiga jenis file, yatu file aplikasi, file data, dan file sistem. Dalam GUI (antarmuka pengguna grafis), seperti Microsoft Windows, file ditampilkan sebagai ikon yang berhubungan dengan program yang membuka file.

File dibuat menggunakan software komputer. Misalnya, untuk membuat file teks Anda akan menggunakan editor teks, untuk membuat file gambar menggunakan editor gambar, dan membuat dokumen menggunakan software pengolah kata.

Baca juga: Jenis-jenis Perangkat Peyimpanan Data di Komputer

Di mana file disimpan?

File komputer disimpan pada drive (misalnya hard drive, disk, DVD, disket, atau mungkin dalam folder. Pengguna Microsoft Windows dapat melihat, mengelola, dan mengatur file dengan Windows Explorer sedangkan pengguna Apple bisa menggunakan Finder.

Ekstensi file dan jenis file

Ekstensi file merupkan penanda atau nama file penanda yang ditemukan di akhir nama berkas. Ekstensi file biasanya diikuti dengan tanda titik. Fungsi ekstensi file adalah memberitahu tentang karakteristik cara menggunakan sebuhah berkas.

Ada jutaan file yang digunakan dengan komputer saat ini yang diidentifikasi baik oleh ekstensi file atau data file.

Ekstensi File Computer Hope Ekstensi File

Sebagai contoh, gambar Windows Explorer di atas adalah file "Regedit.exe" di atas. "Regedit" adalah nama file dan ".exe" adalah ekstensi file yang mengidentifikasi file sebagai file yang dapat dieksekusi. 

Baca juga: Jenis-jenis Perangkat Pemrosesan Data di Komputer

Pengertian folder

Perbandingan ikon folder di Windows 10 (kiri) dengan ikon folder di Windows 11 (kanan).KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Perbandingan ikon folder di Windows 10 (kiri) dengan ikon folder di Windows 11 (kanan).

Folder disebut juga dengan istilah direktori adalah ruang yang digunakan untuk menyimpan file, folder lain, dan pintasan di komputer.

Dapat dikatakan folder adalah tempat menyimpan satu jenis atau beberapa jenis file. Folder yang terdapat dalam folder lain disebut subfolder. Folder dapat membantu pengguna lebih teroganisir dalam menghimpun satu file dengan file lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.