Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian File dan Folder dalam Komputer

Kompas.com - 09/08/2022, 19:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Istilah file dan folder tentu tak asing ditemui di beragam software komputer. Melansir Computer Hope, file adalah objek pada komputer yang menyimpan data, informasi, pengaturan, atau perintah yang digunakan dengan program komputer.

Pada komputer terdapat tiga jenis file, yatu file aplikasi, file data, dan file sistem. Dalam GUI (antarmuka pengguna grafis), seperti Microsoft Windows, file ditampilkan sebagai ikon yang berhubungan dengan program yang membuka file.

File dibuat menggunakan software komputer. Misalnya, untuk membuat file teks Anda akan menggunakan editor teks, untuk membuat file gambar menggunakan editor gambar, dan membuat dokumen menggunakan software pengolah kata.

Baca juga: Jenis-jenis Perangkat Peyimpanan Data di Komputer

Di mana file disimpan?

File komputer disimpan pada drive (misalnya hard drive, disk, DVD, disket, atau mungkin dalam folder. Pengguna Microsoft Windows dapat melihat, mengelola, dan mengatur file dengan Windows Explorer sedangkan pengguna Apple bisa menggunakan Finder.

Ekstensi file dan jenis file

Ekstensi file merupkan penanda atau nama file penanda yang ditemukan di akhir nama berkas. Ekstensi file biasanya diikuti dengan tanda titik. Fungsi ekstensi file adalah memberitahu tentang karakteristik cara menggunakan sebuhah berkas.

Ada jutaan file yang digunakan dengan komputer saat ini yang diidentifikasi baik oleh ekstensi file atau data file.

Ekstensi File Computer Hope Ekstensi File

Sebagai contoh, gambar Windows Explorer di atas adalah file "Regedit.exe" di atas. "Regedit" adalah nama file dan ".exe" adalah ekstensi file yang mengidentifikasi file sebagai file yang dapat dieksekusi. 

Baca juga: Jenis-jenis Perangkat Pemrosesan Data di Komputer

Pengertian folder

Perbandingan ikon folder di Windows 10 (kiri) dengan ikon folder di Windows 11 (kanan).KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Perbandingan ikon folder di Windows 10 (kiri) dengan ikon folder di Windows 11 (kanan).

Folder disebut juga dengan istilah direktori adalah ruang yang digunakan untuk menyimpan file, folder lain, dan pintasan di komputer.

Dapat dikatakan folder adalah tempat menyimpan satu jenis atau beberapa jenis file. Folder yang terdapat dalam folder lain disebut subfolder. Folder dapat membantu pengguna lebih teroganisir dalam menghimpun satu file dengan file lainnya.

Selain itu folder dapat memudahkan pengguna mengklasifikasikan file tertentu sehingga saat dibutuhkan Anda lebih mudah dalam mencarinya. Untuk mencari file yang dibutuhkan pengguna cukup mengetikkan nama folder pada kolom pencarian.

Baca juga: Jenis-jenis Perangkat Masukan Data di Komputer

Pentingnya membuat Folder

Folder membantu Anda menjaga file tetap terorganisir. Jika Anda tidak memiliki folder di komputer Anda, dokumen, program, dan file sistem operasi Anda semua akan berada di tempat yang sama.

Hal ini yang akan membuat pengguna cukup kesulitan dalam mencari sebuah file tertentu. Kumpulan file juga menjadi tidak terorganisir dengan baik dan bercampur menjadi satu.

Folder juga memungkinkan Anda memiliki lebih dari satu file dengan nama file yang sama. Misalnya, Anda dapat memiliki file bernama Resume.doc di folder My Documents Anda, dan file lain bernama Resume.doc di folder lain bernama Resume templates.

Jika semua file Anda berada di satu tempat, setiap file akan membutuhkan nama file yang unik. Untuk melihat folder yang tersedia di komputer, Anda dapat menggunakan pengelola file.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com