Kompas.com - 11/08/2022, 14:00 WIB
Penulis Bill Clinten
|

NEW YORK, KOMPAS.com - Samsung baru saja merilis ponsel lipat terbarunya, Galaxy Z Fold 4 dalam sebuah acara virtual bertajuk "Galaxy Unpacked" di New York, Amerika Serikat pada Rabu (10/8/2022) pagi waktu AS atau Rabu malam waktu Indonesia.

Di samping acara online, Samsung juga menggelar acara offline yang dihadiri awak media dari berbagai dunia. Jurnalis Kompas.com, Bill Clinten, turut meliput acara tersebut dan menjajal pengalaman menggenggam Galaxy Z Fold 4 untuk pertama kalinya.

Lantas, bagaimana desain Galaxy Z Fold 4 yang kini diklaim lebih ringan dibanding pendahulunya?

Samsung Galaxy Z Fold 4 ketika digenggam. Galaxy Z Fold 4 terasa lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3 karena bobotnya kini 263 gram, alih-alih 271 gram.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Z Fold 4 ketika digenggam. Galaxy Z Fold 4 terasa lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 3 karena bobotnya kini 263 gram, alih-alih 271 gram.
Secara desain, Samsung Galaxy Z Fold 4 sekilas tampak identik dan tidak berbeda dengan Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Resmi Meluncur dengan Kamera 50 MP

Pada aspek layar, misalnya, kedua ponsel ini mengusung layar Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci ketika dibentangkan. Lalu ketika dilipat, ada layar sekunder (Cover Display) di bagian depan yang berukuran 6,2 inci.

Meski demikian jika dilihat seksama, dimensi, bobot, dan tingkat ketahanan layar kedua ponsel tersebut sedikit berbeda.

Ketika layarnya dibentangkan, Samsung Galaxy Z Fold 4 memiliki dimensi 155,1 x 130,1 x 6,3 mm, sedikit lebih kecil dibanding Galaxy Z Fold 3 yang memiliki dimensi 158,2  128,1 x 6,4 mm.

Lalu ketika dilipat, dimensinya menjadi 155,1 x 67,1 x 15,8 mm, lebih kecil pula dibanding Galaxy Z Fold 3 dengan 158,2 x 67,1 x 16 mm.

Perbandingan Galaxy Z Fold 3 (kiri) dan Galaxy Z Fold 4 (kanan). Bisa dilihat, Galaxy Z Fold 4 tampak sedikit lebih kecil namun layarnya lebih besar dari Galaxy Z Fold 3.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Perbandingan Galaxy Z Fold 3 (kiri) dan Galaxy Z Fold 4 (kanan). Bisa dilihat, Galaxy Z Fold 4 tampak sedikit lebih kecil namun layarnya lebih besar dari Galaxy Z Fold 3.
Selain dimensi, bobot Galaxy Z Fold 4 juga kini lebih ringan dengan 263 gram. Galaxy Z Fold 3 sendiri memiliki bobot sekitar 271 gram.

Meski lebih kecil dan ringan, layar Galaxy Z Fold 4 akan terasa lebih luas dan lebar dibanding Galaxy Z Fold 3.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 4 Resmi Meluncur dengan Baterai Lebih Besar

Pasalnya, Samsung menambah lebar layar Galaxy Z Fold 4 menjadi 3 mm lebih lebar dibanding Galaxy Z Fold 3. Dengan begitu, rasio layar ke bodi diklaim bisa mencapai 90,9 persen, meningkat dari 88,8 persen di Galaxy Z Fold 3.

Nah, penasaran bagaimana desain Galaxy Z Fold 4 dari berbagai sisi dan bagaimana perbandingannya fisiknya dengan Galaxy Z Fold 3? Simak galeri fotonya melalui tautan berikut ini.

Soal harga, Anda bisa melihat daftar lengkap harga Galaxy Z Fold 4 melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.