Kompas.com - 12/08/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Samsung resmi merilis dua ponsel lipat bikinannya, Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4, dalam sebuah acara “Galaxy Unpacked 2022”, Rabu (10/8/2022) malam.

Seperti namanya, ponsel ini merupakan penerus dari perangkat Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang telah dirilis tahun lalu. Dua perangkat ini membawa beberapa peningkatan spesifikasi, salah satunya di aspek software.

Samsung Z Fold 4 menjalankan sistem operasi (OS) Android 12L yang dilapisi tampilan antar muka (UI) One UI 4.1.1. Ponsel ini diklaim sebagai smartphone pertama yang menjalankan OS Android 12L yang baru dirilis versi stable-nya bulan Maret 2022 lalu.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 4 Resmi Meluncur dengan Kamera 50 MP

Android 12L merupakan turunan dari Android 12 yang dirancang untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar. Misalnya seperti tablet, laptop ChromeOS, perangkat yang bisa dilipat, seperti Galaxy Z Fold 4, atau perangkat lain yang memiliki ukuran layar di atas 600 dp.

Salah satu yang dibawa adalah fitur taskbar khusus yang memungkinkan pengguna berpindah aplikasi lebih mulus. Selain itu, Android 12L juga membawa antarmuka/UI two-coloumn untuk toggle notifikasi dan quick setting (pengaturan cepat).

Google turut mengoptimalkan banyak aplikasinya agar mendukung fitur multi-coloumn UI, demi menunjang aktivitas pengguna, terutama bagi yang kerap melakukan multitasking di ponselnya.

Android 12L juga lebih sensitif saat perangkat beralih mode, dari smartphone ke tablet dan sebaliknya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Sam Mobile, Jumat (12/8/2022).

Berbeda dengan Samsung Z Fold 4, "saudaranya", yakni Galaxy Z Flip 4 menjalankan sistem operasi Android 12.

Baca juga: Daftar Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 di Indonesia Semua Model

Samsung Galaxy Z Fold 4 varian warna Beige, Phantom Black, dan Graygreen.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Z Fold 4 varian warna Beige, Phantom Black, dan Graygreen.
Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 4

Dari segi layar, Samsung Z Fold 4 memiliki spesifikasi yang hampir mirip dengan pendahulunya. Ketika perangkat dibentangkan, Galaxy Z Fold 4 mengusung layar Dynamic AMOLED 2X (2176 x 1812 piksel) dengan bentang seluas 7,6 inci dan refresh rate-nya 120 Hz.

Sementara itu, bila perangkat dalam kondisi dilipat, pengguna bakal melihat cover screen atau layar luar berpanel Dynamic AMOLED 2X. Diagonal layar luarnya adalah 6,2 inci dengan resolusi 2316 x 904 piksel, dan refresh rate-nya berada di angka 120 Hz.

Halaman:
Sumber SamMobile


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.