Kompas.com - 14/08/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Kabar gembira untuk para penggemar ponsel lipat Samsung. Selain kedatangan duo ponsel lipat anyar, Samsung Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4, mereka kini juga bisa menikmati biaya reparasi layar retak dengan harga yang semakin murah.

Hal tersebut menyusul keputusan Samsung untuk menurunkan biaya servis layar retak bagi ponsel lipat bikinannya, khususnya untuk para konsumen yang berlangganan layanan perlindungan Samsung Care Plus.

Kini, Samsung menetapkan biaya servis layar retak untuk ponsel lipatnya paling murah mulai dari harga terendah 29 dollar AS atau setara Rp 425.000 saja.

"(Perangkat) Anda akan tetap terlindungi di luar garansi pabrik, menerima segera perbaikan layar retak pada hari yang sama mulai dari 29-249 dollar AS (sekitar Rp 425.000 - Rp 3,6 juta) per klaim," tulis Samsung di situs resminya.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 Vs Z Fold 4

Sejatinya, konsumen akan mendapatkan layanan garansi standar yang diamanatkan oleh aturan di masing-masing negara.

Di Amerika Serikat, misalnya, konsumen mendapatkan garansi terbatas selama satu tahun. Jadi, pemilik ponsel dapat memperbaiki ponselnya, selama tidak rusak karena faktor eksternal dan kesalahan pengguna.

Nah, menjatuhkan telepon, menumpahkan cairan di atasnya, atau merusaknya dengan sengaja jelas tidak tercakup dalam garansi standar tersebut.

Di sinilah fungsi layanan perlindungan Samsung Care Plus. Layanan ini bisa memperluas cakupan garansi standar untuk perangkat pengguna, termasuk duo ponsel lipat baru Samsung Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4.

Dengan biaya langganan 13 dollar AS (sekitar Rp 190.000) per bulan, pemilik ponsel Samsung bisa memperpanjang masa garansi hingga tiga tahun.

Bagian depan Galaxy Z Fold 4 ketika layar dibentangkan. Layar ponsel ini mengusung panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 7,6 inci.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Bagian depan Galaxy Z Fold 4 ketika layar dibentangkan. Layar ponsel ini mengusung panel Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 7,6 inci.
Selain itu, Samsung Care Plus menyertakan akses perbaikan untuk kerusakan yang tidak disengaja pada Galaxy Z Flip 4 dan Galaxy Z Fold 4 pengguna, seperti kerusakan layar retak akibat jatuh, dan ketumpahan cairan.

Konsumen masih tetap harus membayar sejumlah biaya servis.

Namun, biaya servis untuk penggantian atau perbaikan ponsel bakal lebih murah, bila dibanding pengguna tidak berlangganan Samsung Care Plus.

Sebagai gambaran, tahun lalu, pemilik Galaxy Z Fold 3 dengan layanan Samsung Care+ masih harus merogoh biaya servis paling murah 249 dollar AS (sekitar Rp 3,6 juta) untuk perbaikan layar retak.

Baca juga: Melihat Samsung Galaxy Z Flip 4 dari Dekat, Engsel Lebih Tipis!

Bila tak berlangganan Samsung Care+, biaya reparasi yang harus dibayarkan dengan kerusakan yang sama ternyata jauh lebih tinggi, yakni mencapai 480 dollar AS atau setara Rp 7 juta.

Kini, Samsung menetapkan bahwa batas minimum biaya servis layar retak untuk ponsel lipat Samsung mulai dari 29 dollar AS (setara Rp 425.000) hingga 249 dollar AS (sekitar Rp 3,6 juta).

Samsung menggarisbawahi, klaim kerusakan yang tidak disengaja dibatasi hingga 3x per periode 12 bulanan, sebagaimana dihimpun dari 9to5Google.

Biaya servis layar Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip dari tahun ke tahun

Samsung Galaxy Z Flip 3 (kiri) dan Galaxy Z Flip 4 (kanan). Bisa dilihat, Galaxy Z Flip 4 sekilas lebih pendek dibandingkan Galaxy Z Flip 3.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy Z Flip 3 (kiri) dan Galaxy Z Flip 4 (kanan). Bisa dilihat, Galaxy Z Flip 4 sekilas lebih pendek dibandingkan Galaxy Z Flip 3.
Jika melihat tren di Amerika Serikat, harga servis layar ponsel lipat Galaxy Z Fold dan Z Flip menurun dari tahun ke tahun. Berikut gambarannya.

Perlu dicatat, harga ini merupakan patokan biaya servis layar ponsel lipat Samsung di Amerika Serikat, dengan harga normal atau tanpa layanan perlindungan Samsung Care Plus.

Dari seri Galaxy Z Fold terlebih dahulu. Tahun lalu, untuk mengganti layar utama di bagian dalam Galaxy Z Fold 3, harga yang dipatok berkisar 480 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 juta (kurs Rp 14.400). Sementara layar bagian luar, harganya lebih murah, yakni 150 dollar AS (sekitar Rp 2,1 juta).

Baca juga: Ponsel Layar Lipat Samsung Bakal Semakin Murah?

Jika ditotal, penggantian seluruh layar Galaxy Z Fold 3 kira-kira menghabiskan dana sebesar Rp 9 juta.

Biaya itu lebih murah ketimbang servis layar Galaxy Z Fold 2, di mana penggantian layar utamanya mencapai 550 dollar AS dan layar sekunder sebesar 140 dollar AS.

Kendati begitu, biaya servis layar Galaxy Z Fold 2 dan Z Fold 3 sudah terhitung lebih murah ketimbang Galaxy Z Fold generasi pertama (2019).

Kala itu, biaya ganti layar Galaxy Z Fold pertama dibanderol 600 dollar AS untuk layar utama dan 140 dollar AS untuk layar sekunder.

Sementara untuk Galaxy Z Flip 3, biaya servis layar bagian dalam dipatok 370 dollar AS (sekitar Rp 5,3 juta). Sedangkan layar sekunder mini berbentang 1,9 inci yang terletak di cangkang atas, biaya servisnya mencapai 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta). Sehingga jika ditotal, reparasi layar Galaxy Z Flip3 akan menghabiskan biaya sekitar Rp 6,7 jutaan.

Harga tersebut lebih murah dibanding Galaxy Z Flip generasi pertama, di mana harga servis layar utama mencapai 500 dollar AS dan 100 dollar AS untuk layar sekunder.

Bagaimana dengan biaya servis di Indonesia?

Dari pantauan KompasTekno di situs resmi Samsung Indonesia, belum tersedia harga suku cadang penggantian layar Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4.

Namun harga suku cadang layar Galaxy Z Fold dan Galaxy Z Flip terpantau menurun dari generasi ke generasi.

Berikut daftar harga suku cadang penggantian layar Samsung Galaxy Z Fold dan Z Flip di Indonesia saat ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs resmi Samsung Indonesia, Minggu (14/8/2022):

Model Harga suku cadang layar utama Harga suku cadang layar sekunder
Samsung Galaxy Z Fold 3 (2021) Rp 7.199.405 Rp 1.471.744
Samsung Galaxy Z Fold 2 (2020) Rp 7.492.746 Rp 1.562.790
Samsung Galaxy Z Fold (2019) Rp 8.612.614 Rp 1.782.564
Samsung Galaxy Z Flip 3 (2021) Rp 4.734.190 Rp 639.075
Samsung Galaxy Z Flip (2020) Rp 4.734.190 Rp 865.512

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5Google


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.