Mengubah Pengaturan Refresh Rate Monitor PC dengan Mudah, Begini Caranya

Kompas.com - 16/08/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Mengubah pengaturan refresh rate di monitor bisa dilakukan dengan mudah. Refresh rate sendiri adalah angka yang menunjukkan berapa kali per detik layar dapat memuat gambar baru.

Refresh rate diukur dalam satuan Hertz (Hz). Sebagai contoh, jika sebuah layar mendukung refresh rate 120 Hz maka layar tersebut dapat menampilkan gambar 144 kali per detik.

Semakin tinggi angka refresh rate maka akan semakin banyak gambar atau frame yang ditampilkan setiap detik. Artinya semakin mulus pula gerakan gambar yang ditampilkan di layar.

Baca juga: Asus Perkenalkan Monitor Gaming dengan Refresh Rate 500 Hz

Mengubah pengaturan refresh rate monitor laptop atau PC dengan sistem operasi Windows dapat dilakukan langsung dari perangkat.

Nah, untuk mengetahui cara mengubah pengaturan refresh rate monitor di Windows 10 dan 11, silakan simak langkah-langkah berikut ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Authority, Selasa (61/8/2022).

Cara mengubah refresh rate monitor di Windows 10 dan 11

  • Buka menu "Settings" > "System".
  • Tekan opsi "Display" > "Advanced Display".
    Cara mengganti refresh rate monitor di Windows 10 dan 11.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengganti refresh rate monitor di Windows 10 dan 11.
  • Pilih "Display 1" untuk mengubah refresh rate pada monitor utama.
  • Pilih refresh rate yang diinginkan pada opsi "Choose a refresh rate".
    Cara mengubah refresh rate monitor di Windows 10 dan 11.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengubah refresh rate monitor di Windows 10 dan 11.
  • Selanjutnya monitor akan secara otomatis menerapkan pengaturan refresh rate terbaru.
  • Terakhir, tekan opsi "Keep changes" untuk menerapkan pengaturan refresh rate.

Angka refresh rate ini biasanya diperhatikan oleh para pemain game di PC. Pasalnya, semakin tinggi angka refresh rate maka gerakan yang ditampilkan di dalam game semakin lancar dan nyaman dimainkan.

Jika Anda memang seseorang yang hobi main aneka game "berat", seperti PUBG, Call of Duty, dan sejenisnya, ada baiknya menggunakan angka refresh rate yang tinggi, misalnya 144 Hz.

Baca juga: Apa Itu Angka Refresh Rate 120 Hz di Ponsel Gaming?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.