Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/08/2022, 14:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Galaxy Z Fold 4 merupakan ponsel lipat terbaru Samsung yang hadir dengan banyak pembaruan, salah satunya aspek kamera.

Perangkat tersebut dibekali dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom).

Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Galaxy Z Fold 4 pada malam hari alias mode Nightography. Bisa dilihat, gedung-gedung dan langit yang tampak dalam gambar bisa diabadikan dengan detail yang cukup baik dan terang. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Galaxy Z Fold 4 pada malam hari alias mode Nightography. Bisa dilihat, gedung-gedung dan langit yang tampak dalam gambar bisa diabadikan dengan detail yang cukup baik dan terang.

Selain ketiga kamera itu, ada satu kamera selfie beresolusi 4 MP (f/1.8) yang terletak di bawah permukaan layar utama, begitu juga satu kamera selfie lainnya beresolusi 10 MP (f/2.2) yang terletak di layar sekunder alias cover screen.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy Z Fold 4 Diklaim Tetap Kuat Meski Bobotnya Lebih Ringan, Apa Rahasianya?

KompasTekno berkesempatan menjajal kebolehan kamera Samsung Galaxy Z Fold 4 tersebut untuk memotret kota New York, Amerika Serikat. Lantas, bagaimana hasilnya?

Secara garis besar, foto yang dijepret menggunakan Samsung Z Fold 4 berkulitas cukup bagus, baik itu diambil pada kondisi siang maupun malam hari.

Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Galaxy Z Fold 4. Bisa dilihat, detail gedung-gedung, langit, dan bendera Amerika Serikat bisa dilihat dengan jelas dengan warna yang menyerupai aslinya. KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Galaxy Z Fold 4. Bisa dilihat, detail gedung-gedung, langit, dan bendera Amerika Serikat bisa dilihat dengan jelas dengan warna yang menyerupai aslinya.
Ketika memotret aneka gedung di New York menggunakan kamera utama 50 MP di siang hari, misalnya, lekukan bangunan-bangunan tersebut tampak terlihat dengan cukup detail dan tajam.

Selain itu, warna bangunan dan elemen lainnya, seperti bendera Amerika Serikat di atas, terlihat serupa dengan warna aslinya.

Untuk pemotretan malam hari, kamera utama 50 MP ini juga bisa menghasilkan gambar yang cukup terang berkat bantuan sensor kamera yang lebih besar dan fitur Nightography.

Seperti tampak gambar di bawah ini, misalnya, suasana di pusat perbelanjaan New York Times Square terekam dengan jelas dan terang meski dipotret pada malam hari.

Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Galaxy Z Fold 4 pada malam hari alias mode Nightography. Di kondisi banyak lampu pada malam hari, Nightography mampu meredam pancaran cahaya yang dikeluarkan lampu-lampu tersebut, sehingga gambar atau suasana Times Square seperti di gambar ini terlihat cukup elegan.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera utama 50 MP (f/1.8) Galaxy Z Fold 4 pada malam hari alias mode Nightography. Di kondisi banyak lampu pada malam hari, Nightography mampu meredam pancaran cahaya yang dikeluarkan lampu-lampu tersebut, sehingga gambar atau suasana Times Square seperti di gambar ini terlihat cukup elegan.

Selain kamera utama, hasil foto kamera ultrawide 12 MP dan kamera telefoto 10 MP di Galaxy Z Fold 4 juga bisa dibilang mumpuni.

Kamera ultrawide ponsel lipat tersebut, contohnya, mampu menangkap gambar dalam sudut pandang yang luas.

Alhasil, pemandangan berbagai bangunan pencakar langit di New York bisa direkam dengan bidang pandang luas dari kamera utama (hingga 123 derajat).

Sementara itu, kamera telefoto bisa digunakan untuk melihat berbagai detail kecil yang tidak terlihat oleh mata telanjang, seperti tulisan "Dept of Transportation" di papan lalu lintas berikut ini.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-77 RI, Samsung Galaxy Z Flip 4 Tampil dengan Nuansa Merah Putih

Hasil foto kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom) Galaxy Z Fold 4. Bisa dilihat pada gambar bahwa papan peringatan Stop Here on Red Signal, begitu juga keterangan Dept of Transportation bisa dilihat dengan jelas ketika kami menggunakan fitur pembesaran di Galaxy Z Fold 4.KOMPAS.com/Bill Clinten Hasil foto kamera telefoto 10 MP (f/2.4, 3x optical zoom) Galaxy Z Fold 4. Bisa dilihat pada gambar bahwa papan peringatan Stop Here on Red Signal, begitu juga keterangan Dept of Transportation bisa dilihat dengan jelas ketika kami menggunakan fitur pembesaran di Galaxy Z Fold 4.
Lalu, bagaimana dengan kamera selfie Samsung Galaxy Z Fold 4?

Jika Anda memakai kamera selfie 10 MP yang terletak di cover screen, hasil foto yang ditampilkan akan terbilang cukup bagus, baik itu kondisi malam maupun siang hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com