Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Game NFT Mandek Akibat Pasar Kripto Anjlok

Kompas.com - 19/08/2022, 20:01 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Gamer

KOMPAS.com - Selain memengaruhi industri bisnis global, melemahnya pasar kripto juga telah menghambat proses pembuatan game. Untamed Isles, game berbasis Non-fungible token (NFT) garapan studio Phat Loot, terpaksa hiatus karena kekurangan modal.

Pada 2021 lalu, Phat Loot berhasil memperoleh dana mencapai 841.000 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 7,8 miliar lewat kampanye yang digelar melalui platform urun dana, Kickstarter.

Angka tersebut empat kali lipat lebih banyak dibandingkan target awal yang diinginkan, yakni sebesar 200.000 dolar Selandia Baru (sekitar Rp 1,8 miliar).

Dana yang sebagian besar diperoleh dari para investor kripto ini dimanfaatkan sebagai modal awal untuk mengembangkan game. Namun, saat ini Phat Loot kesulitan untuk menerima donasi.

Baca juga: Apa itu NFT Gaming, Main Game yang Dibayar Uang Kripto

Karena lesunya pasar kripto, mayoritas backers (istilah orang yang menyumbangkan dana di Kickstarter) tak lagi mendonasikan dana untuk menyokong proses pembuatan Untamed Isles.

Hal ini diumumkan Kepala Studio Phat Loot, Josh Grant, melalui sebuah posting yang diunggah di Kickstarter.

“Kami mengandalkan pasar kripto dan berkembang pesat berkat minat positif yang diraih. Ketika (kripto) anjlok, efeknya seperti punya landasan pacu yang terlalu pendek," tulis Grant.

"Game ini akan tetap memprioritaskan konten game dan kripto dari segi desain, tetapi cryptocurrency telah menjadi faktor penting yang dapat membantu diluncurkannya game," lanjutnya.

Grant turut menjelaskan bahwa seluruh dana telah digunakan sehingga para backer tidak dapat mengajukan pengembalian dana (refund).

Baca juga: OpenSea PHK 20 Persen Karyawan Dampak Kripto Anjlok

Informasi yang disampaikan Grant menuai beragam reaksi dari para backer. Sebagian dari mereka mengaku merasa berterima kasih atas upaya transparasi yang ditunjukkan Grant.

Kendati demikian, tidak sedikit pula backer yang marah karena tidak dapat menikmati game yang dijanjikan meluncur pada Desember 2021 itu.

Saat ini, Phat Loot tengah menunggu kondisi pasar kripto kembali stabil sehingga para backer dapat kembali menyuntikkan dana dan kembali mendorong proses pembuatan game Untamed Isles.

Dihimpun KompasTekno dari The Gamer, Jumat (19/8/2022), Untamed Isles merupakan game Massively multiplayer online (MMORPG) yang memiliki gameplay yang serupa dengan Pokemon.

Pemain dapat menangkap dan merawat beragam jenis monster yang nantinya dapat "diadu" dengan monster lainnya dalam sebuah duel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Gamer
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com