Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Bedanya Paket Netflix Murah Beriklan dibanding Reguler?

Kompas.com - 19/08/2022, 17:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan video on-demand Netflix dipastikan bakal memiliki opsi langganan baru dengan harga lebih murah, namun, disertai dengan iklan.

Pilihan paket langganan murah beriklan ini kemungkinan bakal diluncurkan akhir tahun 2022 atau awal 2023 mendatang. Karena harganya lebih murah, Netflix tampaknya akan memangkas fitur yang ada di dalam paket langganan.

Baru-baru ini seorang pengembang software bernama Steve Moser menemukan bahwa paket langganan Netflix murah dengan iklan tidak akan memiliki opsi "Download" untuk mengunduh film/serial yang ada di platform, layaknya paket langganan reguler tanpa iklan.

Dalam sebuah postingan di situs The Tape Drive with Steve Moser, ia mengaku menemukan rangkaian kode di dalam aplikasi Netflix untuk iPhone yang berbunyi "Unduhan/Download tersedia di semua paket kecuali Netflix dengan iklan".

Baca juga: Opsi Langganan Netflix Murah dengan Iklan Kian Mendekati Kenyataan

Hal itu mengindikasikan bahwa Netflix tidak menyertakan opsi "Download" dalam paket Netflix murah yang disertai iklan. Dengan begitu, pelanggan Netlix murah ini tidak bisa mengunduh film/serial untuk ditonton secara offline atau tanpa koneksi internet.

Langkah ini agaknya merupakan upaya Netflix untu membedakan layanan Netflix reguler dengan paket langganan murah disertai iklan yang akan diluncurkan beberapa waktu mendatang.

Sebab, selama ini, opsi "Download" menjadi salah satu fitur utama yang sering diandalkan oleh pelanggan Netflix reguler.

Dengan fitur Download, pengguna dimudahkan untuk mengakses konten saat bepergian ke lokasi yang koneksi WiFi-nya jelek atau lokasi yang tidak ada layanan seluler.

Fitur Download juga dimanfaatkan pengguna untuk mengunduh film/serial favoritnya agar bisa ditonton secara offline, sehingga tidak perlu menguras data seluler ketika WiFi tidak tersedia.

Ilustrasi fitur Download pada aplikasi Netflix.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur Download pada aplikasi Netflix.
Selain soal fitur Download, Moser juga mengungkapkan, bahwa kode yang ditemukannya juga menunjukkan bahwa pengguna tidak akan bisa melewati (skip) iklan dan kontrol pemutaran (playback) tidak akan tersedia selama jeda iklan berlangsung.

Netflix sendiri tidak berkomentar soal temuan Moser ini. Untuk itu, perlu dicatat bahwa rencana Netflix terkait langganan murah ini masih belum final.

Sehingga pendekatan Netflix untuk langganan murah ini, termasuk soal fitur Download dan jeda iklan masih bisa berubah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Netflix Kehilangan Hampir 1 Juta Pelanggan, Terbanyak Sepanjang Sejarah

Harga paket murah Netlix bakal dibanderol Rp 70.000-an?

Menurut rumor sebelumnya, opsi langganan Netflix murah dengan iklan ini akan dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda dengan harga langganan Apple TV+, yaitu 4,99 dollar AS atau sekitar Rp 73.888. 

Harga itu jauh lebih murah dari paket langganan Netflix reguler saat ini. Namun, Netflix juga belum memberikan kepastian soal berapa lama durasi iklan yang akan ditampilkan dan berapa harga langganan Netflix dengan iklan tersebut.

Hal ini berbeda dengan pesaingnya, Disney Plus, yang sudah mengumumkan harga paket yang disertai iklan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com