Inikah Bedanya Paket Netflix Murah Beriklan dibanding Reguler?

Kompas.com - 19/08/2022, 17:03 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan penyedia layanan video on-demand Netflix dipastikan bakal memiliki opsi langganan baru dengan harga lebih murah, namun, disertai dengan iklan.

Pilihan paket langganan murah beriklan ini kemungkinan bakal diluncurkan akhir tahun 2022 atau awal 2023 mendatang. Karena harganya lebih murah, Netflix tampaknya akan memangkas fitur yang ada di dalam paket langganan.

Baru-baru ini seorang pengembang software bernama Steve Moser menemukan bahwa paket langganan Netflix murah dengan iklan tidak akan memiliki opsi "Download" untuk mengunduh film/serial yang ada di platform, layaknya paket langganan reguler tanpa iklan.

Dalam sebuah postingan di situs The Tape Drive with Steve Moser, ia mengaku menemukan rangkaian kode di dalam aplikasi Netflix untuk iPhone yang berbunyi "Unduhan/Download tersedia di semua paket kecuali Netflix dengan iklan".

Baca juga: Opsi Langganan Netflix Murah dengan Iklan Kian Mendekati Kenyataan

Hal itu mengindikasikan bahwa Netflix tidak menyertakan opsi "Download" dalam paket Netflix murah yang disertai iklan. Dengan begitu, pelanggan Netlix murah ini tidak bisa mengunduh film/serial untuk ditonton secara offline atau tanpa koneksi internet.

Langkah ini agaknya merupakan upaya Netflix untu membedakan layanan Netflix reguler dengan paket langganan murah disertai iklan yang akan diluncurkan beberapa waktu mendatang.

Sebab, selama ini, opsi "Download" menjadi salah satu fitur utama yang sering diandalkan oleh pelanggan Netflix reguler.

Dengan fitur Download, pengguna dimudahkan untuk mengakses konten saat bepergian ke lokasi yang koneksi WiFi-nya jelek atau lokasi yang tidak ada layanan seluler.

Fitur Download juga dimanfaatkan pengguna untuk mengunduh film/serial favoritnya agar bisa ditonton secara offline, sehingga tidak perlu menguras data seluler ketika WiFi tidak tersedia.

Ilustrasi fitur Download pada aplikasi Netflix.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi fitur Download pada aplikasi Netflix.
Selain soal fitur Download, Moser juga mengungkapkan, bahwa kode yang ditemukannya juga menunjukkan bahwa pengguna tidak akan bisa melewati (skip) iklan dan kontrol pemutaran (playback) tidak akan tersedia selama jeda iklan berlangsung.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.