Kompas.com - 31/08/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Media sosial berbasis video, Snapchat, menggulirkan fitur baru bernama “Dual Camera”, pada Senin (29/8/2022). Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menangkap momen dengan perspektif yang berbeda.

Berdasarkan pengumuman Snapchat di blog resminya, perspektif berbeda yang dimaksud adalah pengguna merekam momen melalui kamera depan (selfie) dan kamera belakang secara bersamaan.

“Dual Camera adalah cara kreatif bagi komunitas kami (Snapchat) untuk mengabadikan momen seru sekaligus, (untuk) menjadi bagian dari kenangan, seperti bersenang-senang di festival musik, atau momen keseharian seperti kuliner di dapur Anda (pengguna),” tulis Snapchat.

Namun, meski fitur tersebut baru hadir di Snapchat, nyatanya Snapchat bukan aplikasi pertama yang memiliki fitur itu.

Dual Camera milik Snapchat serupa dengan fitur milik media sosial BeReal. Selain Snapchat, Instagram baru-baru ini juga mencontek fitur tersebut dari BeReal.

Ciri khas dari medsos BeReal adalah memiliki kemampuan menggunakan dua kamera, depan dan belakang sekaligus, untuk membagikan momen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (31/8/2022).

Baca juga: Snapchat Punya Layanan Berbayar, tapi Masih Ada Iklannya?

Adapun untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan “Dual Camera”, Snapchat turut menghadirkan fitur stiker, musik, dan gambar lain yang bisa dimasukkan ke dalam konten yang sudah diambil pengguna.

Kendati begitu, peluncuran fitur ini bakal dilakukan secara bertahap. Sebab, “Dual Camera” baru tersedia secara global untuk pengguna iOS, sedangkan untuk pengguna Android bakal digulirkan beberapa bulan mendatang.

Beda sedikit dengan BeReal

Ilustrasi aplikasi BeRealTechCrunch Ilustrasi aplikasi BeReal
Perbedaannya fitur Dual Camera Snapchat dengan BeReal terletak pada kemampuan BeReal yang menyajikan satu tata letak gambar saja, yaitu picture-in-picture.

Sementara fitur Dual Camera di Snapchat ini memiliki empat tata letak, seperti gambar di bawah ini. Pengguna dapat memilih posisi horizontal, vertikal, gambar dalam gambar (picture-in-picture), dan menjadikan foto yang diambil sebagai latar belakang foto pengguna.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.