Kompas.com - 05/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - WhatsApp dilaporkan sedang mengembangkan fitur baru yang akan membantu pengguna berkirim pesan untuk diri sendiri, atau akun sendiri yang terpasang di perangkat lain yang dimiliki pengguna.

Fitur ini berkaitan dengan dukungan WhatsApp multi-perangkat, sehingga pengguna bisa mengirimkan pesan ke perangkat lain yang terhubung, seperti laptop atau komputer.

Aktivitas berkirim pesan ke diri sendiri merupakan hal yang cukup lumrah ditemukan di antara pengguna WhatsApp. Biasanya praktik ini dilakukan untuk menyimpan pesan atau informasi penting, seolah WhatsApp menjadi alternatif aplikasi Notes.

Baca juga: Pengguna WhatsApp di Indonesia Sudah Bisa Kirim File 2 GB

Menurut WABetaInfo, praktik itu bila dilakukan dalam skenario WA multi-perangkat, hanya akan mengirim pesan ke perangkat utama atau ponsel pengguna. Adapun perangkat lain yang terhubung seperti komputer, tidak mendapat pesan serupa.

Nah dengan hadirnya fitur baru yang sedang dikembangkan WhatsApp, pengguna bisa mengirimkan pesan ke perangkat lain yang saling terhubung dalam WhatsApp multi-perangkat, selain ke ponsel utama.

Fitur ini sedang dikembangkan WhatsApp untuk WhatsApp Desktop versi beta. Menurut tangkapan layar (screenshot) yang diunggah WABetaInfo, ketika Anda mencari kontak pada WhatsApp Desktop beta, Anda akan menemukan opsi untuk mengirim pesan ke diri Anda sendiri, ditandai dengan kontak bernama "You" atau "Anda".

WhatsApp uji fitur kirim pesan ke diri sendiriWABetaInfo WhatsApp uji fitur kirim pesan ke diri sendiri

Tak hanya di WhatsApp versi Desktop, perusahaan juga kemungkinan akan menguji fitur ini untuk versi iOS dan Android. Sebab, WhatsApp juga sedang mengembangkan dukungan multi-device untuk ponsel. Dengan kata lain, pengguna bisa memasang satu akun WhatsApp di beberapa ponsel.

Baca juga: 4 Penyebab serta Cara Mengatasi Tidak Bisa Update WhatsApp di Android dan iOS

Selain mengembangkan fitur untuk berkirim pesan ke diri sendiri, WhatsApp juga kabarnya sedang merancang fitur untuk menghapus pesan di perangkat yang terhubung dari perangkat utama.

Fitur lainnya yang dikembangkan WhatsApp terkait dengan dukungan multi-device, yaitu fitur untuk melihat lokasi perangkat terhubung, serta opsi untuk membuat dan melihat daftar broadcast pada perangkat yang terhubung.

Perlu dicatat bahwa semua fitur ini masih dalam tahap pengembangan. Belum diketahui kapan fitur ini akan resmi diluncurkan dalam versi stabil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber WABetaInfo


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.