BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Jamin Keamanan Data dan Privasi Pengguna, Berikut Deretan Fitur Keamanan pada Smartphone Oppo

Kompas.com - 05/09/2022, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Isu keamanan data pribadi dan privasi pengguna di berbagai platform digital kini menjadi salah satu hal krusial. Fenomena kebocoran dan penyalahgunaan data pribadi pada beberapa waktu terakhir pun memunculkan kecemasan di masyarakat.

Kekhawatiran tersebut umumnya seputar integrasi data pengguna, seperti nomor telepon, layanan yang terkait dengan informasi, lokasi, dan data transaksi yang berisiko diperjualbelikan.

Tak hanya itu, aksi peretasan smartphone juga semakin marak, mulai dari peretasan percakapan atau aplikasi pesan, informasi pembayaran, hingga peretasan data pribadi yang tersimpan pada perangkat smartphone.

Fenomena tersebut pun mendorong masyarakat semakin waspada dan berhati-hati saat beraktivitas secara digital dengan menggunakan smartphone.

Baca juga: Kupas 5 Keunggulan Oppo Reno8 5G, Ponsel Mid-Range Rasa Flagship

Ketika pengguna menyimpan berbagai data sensitif di smartphone, risiko penyalahgunaan data pribadi menjadi tak terhindarkan. Pasalnya, terdapat sejumlah software yang dapat disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menghapus data dan menginstal software berbahaya pada perangkat smartphone tanpa sepengetahuan penggunanya.

Perangkat lunak tersebut dapat digunakan untuk melakukan peretasan, mulai dari mengumpulkan data pembayaran, informasi rekening bank, hingga email pribadi. Oleh karena itu, aspek keamanan kini menjadi hal krusial untuk dipahami berbagai pihak.

Adapun salah satu produsen ponsel pintar yang menaruh perhatian serius pada isu tersebut adalah Oppo. Menjawab persoalan tersebut, produsen dengan tagline “Leading 5G Technology Smartphone” itu menghadirkan perangkat smartphone yang mengedepankan aspek keamanan.

Melalui sistem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13, Oppo telah mengembangkan fitur khusus terkait keamanan dan privasi dalam setiap perangkat yang dihasilkan. Dalam praktik di industri, Oppo juga menerapkan standar keamanan tinggi, diantaranya ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

Baca juga: Bisakah Flagship Smartphone Digunakan untuk Bikin Film? Ini Kata Riri Riza dan Agan Harahap

Lantas, apa saja aspek keamanan yang dihadirkan Oppo untuk memberi perlindungan bagi pengguna dari risiko aksi peretasan? Berikut ulasannya.

1. Payment Protection

Saat melakukan transaksi pembayaran secara online, banyak orang merasa yakin bahwa informasi detail pembayaran sudah terlindungi dan aman. Padahal, tidak semua perangkat, termasuk smartphone, memiliki keamanan yang mumpuni dalam menjaga informasi tersebut.

Perlu diketahui, sebagian besar perangkat smartphone Oppo telah dilengkapi fitur pengaturan keamanan transaksi keuangan yang dapat digunakan oleh pengguna, yaitu Payment Protection.

Saat kamu berbelanja online atau melakukan transaksi perbankan, misalnya, smartphone Oppo akan memberikan perlindungan tinggi untuk transaksi digital, seperti mendeteksi keamanan sistem, captcha, dan aplikasi itu sendiri.

Baca juga: Usung The Portrait Expert, Ini Deretan Keunggulan Inovasi Kamera Canggih Oppo Reno8 Series

Melalui sistem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13, Oppo telah mengembangkan fitur khusus terkait keamanan dan privasi dalam setiap perangkat yang dihasilkan. Dalam praktik di industri, Oppo juga menerapkan standar keamanan tinggi, diantaranya ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.Dok. Oppo Indonesia Melalui sistem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13, Oppo telah mengembangkan fitur khusus terkait keamanan dan privasi dalam setiap perangkat yang dihasilkan. Dalam praktik di industri, Oppo juga menerapkan standar keamanan tinggi, diantaranya ePrivacy, TRUSTe, ISO27701, dan ISO27001.

Payment Protection akan memastikan bahwa uang dan informasi pribadi pengguna selalu dalam kondisi aman. Perangkat smartphone Oppo akan dengan cerdas mengetahui aplikasi apa yang memerlukan perlindungan pembayaran dan akan diaktifkan secara default.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang sudah dilindungi, kamu akan melihat pemberitahuan yang mengatakan "Secure Payment" di bagian atas layar.

2. Fitur Privacy Dashboard

Bagi Oppo, privasi pengguna merupakan hal utama. Dalam upaya meningkatkan perlindungan privasi pengguna, Oppo menghadirkan fitur Privacy Dashboard yang dapat membantu kamu mengelola keamanan privasi.

Saat suatu aplikasi hendak digunakan, biasanya aplikasi tersebut memerlukan izin sistem pada smartphone agar dapat berfungsi secara normal. Sesuai fungsinya, fitur Privacy Dashboard akan mencatat seluruh izin dari setiap aplikasi pada smartphone yang memudahkan pengguna untuk memeriksa dan mengelolanya.

Baca juga: Meriahkan HUT RI, Oppo Reno8 Series Buktikan Hasil Kameranya di Pameran 77 Portrait Anak Bangsa

3. Keamanan mikrofon dan kamera

Guna memberi perlindungan ekstra bagi setiap pengguna, Oppo meningkatkan aspek keamanan untuk melindungi privasi agar tidak terlihat dan digunakan oleh orang lain tanpa izin.

Indikator mikrofon dan kamera pada ColorOS adalah perlindungan privasi tingkat tinggi yang mencegah aplikasi untuk melihat atau mendengarkan suara tanpa persetujuan pengguna.

Saat menggunakan aplikasi yang memerlukan izin kamera atau mikrofon di latar belakang, kamu akan melihat ikon pada status bar smartphone. Kamu dapat segera memblokir izin aplikasi tanpa harus masuk ke pengaturan ponsel dan dapat menonaktifkannya di Control Center.

Hal itu dihadirkan Oppo untuk mencegah penggunaan mikrofon dan kamera tanpa seizin pengguna untuk meminimalisasi kebocoran privasi.

Baca juga: Oppo Luncurkan Sederet Seri Reno8 dan Perangkat IoT Terbaru

Indikator mikrofon dan kamera pada ColorOS adalah perlindungan privasi tingkat tinggi yang mencegah aplikasi untuk melihat atau mendengarkan suara tanpa persetujuan pengguna.Dok. Oppo Indonesia Indikator mikrofon dan kamera pada ColorOS adalah perlindungan privasi tingkat tinggi yang mencegah aplikasi untuk melihat atau mendengarkan suara tanpa persetujuan pengguna.

4. Approximate Location Sharing

Apakah kamu pernah merasa ragu dengan beberapa aplikasi yang menanyakan lokasi kamu? Jika ya, fitur Approximate Location Sharing bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

Fitur tersebut bertujuan untuk meningkatkan privasi pengguna dengan tidak membagikan lokasi secara akurat pada aplikasi. Dengan fitur ini, kamu tetap dapat membagikan lokasi, tetapi hanya lokasi “perkiraan”.

Jadi, ketika sebuah aplikasi meminta izin lokasi, kamu tidak perlu mengungkapkan lokasimu secara presisi. Fitur ini berguna untuk aplikasi berbasis cuaca atau aplikasi yang kurang tepercaya sehingga kamu tidak perlu membagikan lokasi secara akurat.

5. Security certification

Oppo juga memberikan proteksi tinggi untuk menjamin privasi dan keamanan dengan meningkatkan perlindungan dan enkripsi penggunanya setiap saat.

Baca juga: Resmi Dibuka, Oppo Gallery Gandaria City Hadirkan Konsep Segar Kolaborasi Seni dan Teknologi

Oleh karena itu, Oppo meningkatkan kemampuan ColorOS untuk mengamankan smartphone dan data dengan memasang beberapa lapis perlindungan dan enkripsi setiap saat. Mulai dari foto, riwayat obrolan, kontak, dan berbagai data lainnya dapat diamankan dengan menggunakan teknologi keamanan terdepan di industri, yaitu ePrivacy dan ISO27001.

6. Security patch update

Oppo menjamin smartphone lini seri Find dan Reno untuk menerima security update selama empat tahun ke depan setelah diluncurkan. Sementara, smartphone lini seri A akan menerima peningkatan security update selama tiga tahun ke depan sejak diluncurkan.

Selain meluncurkan pembaruan security update pada sistem operasi ColorOS, Oppo juga bekerja sama dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama dalam menambal berbagai celah keamanan.

Dengan berbagai fitur privasi dan keamanan tersebut, setiap pengguna kini dapat merasa tenang karena memiliki kendali penuh atas kapan dan siapa yang dapat melihat data saat beraktivitas menggunakan smartphone.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-77 Republik Indonesia, Oppo Gelar Kampanye #77PortraitAnakBangsa

Lewat enam fitur keamanan tersebut, Oppo membuktikan diri sebagai produsen smartphone yang mengedepankan keamanan data dan privasi penggunanya. Dengan begitu, kebocoran privasi data pribadi dan keamanan dapat diminimalisasi melalui sistem operasi ColorOS 12 dan ColorOS 13.

Adapun salah satu perangkat smartphone Oppo dengan teknologi proteksi keamanan tinggi yang wajib dimiliki adalah Oppo Reno8 5G.

Selain meluncurkan pembaruan security update pada sistem operasi ColorOS, Oppo juga bekerja sama dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama dalam menambal berbagai celah keamanan.Dok. Oppo Indonesia Selain meluncurkan pembaruan security update pada sistem operasi ColorOS, Oppo juga bekerja sama dengan pengembang chipset untuk penelitian dan pengembangan bersama dalam menambal berbagai celah keamanan.

Selain memiliki sistem keamanan tinggi yang menjamin data pribadi dan privasi pengguna, Oppo Reno8 5G juga memiliki keunggulan dari segi kamera untuk menjadi “The Portrait Expert”. Smartphone ini menghadirkan Dual Sony Flagship Sensors, IMX709 RGBW generasi terbaru di bagian kamera depan, dan sensor kamera utama IMX766.

Oppo Reno8 5G juga dilengkapi berbagai fitur pencitraan yang telah ditingkatkan, seperti pada fitur Ultra Night Video dan Ultra HDR Video.

Baca juga: 5 Hal Menarik tentang MariSilicon X, NPU Canggih di Oppo Reno8 Pro 5G

Sektor kamera pada Oppo Reno8 5G juga semakin inovatif dengan Streamlined Unibody Design yang menghadirkan tekstur efek visual gradien yang belum pernah diterapkan sebelumnya di penampang belakang.

Kehadiran teknologi 80W SuperVOOC dan baterai berkapasitas 4.500 milliampere hour (mAh) membuat daya baterai Oppo Reno8 5G dapat terisi hingga 50 persen hanya dalam 11 menit.

Oppo Reno8 5G hadir dengan desain Retro Ultra Slim yang disempurnakan dengan teknologi Oppo Glow ikonik. Teknologi ini dapat menampilkan berbagai warna, tahan terhadap goresan ringan, dan bebas sidik jari.

Oppo Reno8 5G  hadir dengan desain Retro Ultra Slim yang disempurnakan dengan teknologi Oppo Glow ikonik. Teknologi ini dapat menampilkan berbagai warna, tahan terhadap goresan ringan, dan bebas sidik jari. Dok. Oppo Indonesia Oppo Reno8 5G hadir dengan desain Retro Ultra Slim yang disempurnakan dengan teknologi Oppo Glow ikonik. Teknologi ini dapat menampilkan berbagai warna, tahan terhadap goresan ringan, dan bebas sidik jari.

Sementara itu, fitur Ultra-Sensing Selfie yang dilengkapi dengan sensor IMX709 dan fitur 30x Microlens pada bagian kamera merupakan salah satu keunggulan yang dimiliki Oppo Reno8. Fitur ini memberi pengalaman berbeda saat menerapkan fotografi mikro.

Baca juga: Jajal Fitur Kamera Oppo Find X5 Pro 5G, Renatta Moeloek Dibuat Terpukau

Oppo Reno8 dilengkapi teknologi pengisian daya cepat 33W SuperVOOC dan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang dapat terisi 100 persen hanya dalam waktu 60 menit. Oppo Reno8 pun mengusung konfigurasi RAM 8 gigabita (GB) yang dilengkapi teknologi ekspansi RAM hingga 5 GB dan ROM 256 GB.

Sebagai bagian dari seri smartphone pertama yang memiliki ColorOS 12.1, Oppo Reno8 memberikan pengguna akses langsung ke sistem operasi yang lebih nyaman dan lancar dengan berbagai fitur populer.

Sebagai informasi, Oppo Reno8 5G dibanderol dengan harga Rp 7.999.000, sedangkan Oppo Reno8 dibanderol Rp 4.999.000.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa memesan secara daring melalui berbagai e-commerce terkemuka. Khusus melalui Shopee, kamu bisa mendapat manfaat tambahan SpayLater bunga 0 persen dan cicilan hingga 12 bulan.

Baca juga: Oppo Resmi Meluncurkan A57, Smartphone Berdesain Elegan dan Performa Unggul di Kelasnya

Sementara, pemesanan luring atau offline bisa dilakukan di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno8 Series dan produk internet of things (IoT) terbaru Oppo, klik tautan berikut.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.