iOS 16 Bisa Kunci Foto yang Tersembunyi dan Hilangkan Album “Hidden”, Begini Caranya

Kompas.com - 13/09/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 resmi dirilis Apple pada Senin kemarin (12/9/2022), dengan sejumlah fitur baru yang menarik untuk dicoba. Salah satunya seperti fitur untuk kunci foto yang disembunyikan di iPhone pada album "Hidden".

Untuk diketahui, album “Hidden” merupakan salah satu album yang berada di galeri iPhone. Album ini secara spesifik berfungsi untuk menjadi wadah sejumlah foto yang disembunyikan pengguna dari galeri iPhone.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Pada versi iOS sebelumnya, menyembunyikan foto di iPhone mungkin bisa dikatakan menjadi hal yang cukup aneh. Pasalnya, pengguna dulu memang bisa menyembunyikan foto di iPhone, tapi sejatinya tidak benar-benar “sembunyi”.

Foto yang disembunyikan dari galeri bakal berpindah ke album “Hidden”. Saat telah berada di album “Hidden”, bukan berarti foto tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain. Di iOS versi lama, foto yang disembunyikan di album “Hidden” tetap bisa diakses dengan mudah.

Pengguna lain bisa membuka album “Hidden” yang berada di galeri foto iPhone tanpa perlu memasukkan kata sandi pengaman. Jadi, fitur untuk menyembunyikan foto di iPhone dalam album khusus itu dulu kurang efektif.

Namun, kini beda cerita. Lewat iOS 16, album “Hidden” yang berada di galeri iPhone bisa dikunci oleh pengguna. Jadi, saat ingin membuka foto yang disembunyikan di album “Hidden”, pengguna perlu memasukkan kata sandi iPhone terlebih dahulu.

Mengunci foto yang disembunyikan di iPhone dan menghilangkan album Hidden dengan iOS 16. KOMPAS.com/Zulfikar Mengunci foto yang disembunyikan di iPhone dan menghilangkan album Hidden dengan iOS 16.

Selain bisa kunci kunci foto yang disembunyikan, album “Hidden” sebagai wadah foto tersebut juga bisa dihilangkan agar tidak muncul di galeri iPhone. Saat album “Hidden” dihilangkan, pengguna tak akan bisa menemukannya di galeri iPhone.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Lantas, bagaimana cara mengunci foto yang disembunyikan di iPhone iOS 16, berikut dengan menghilangkan album “Hidden”? Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara kunci foto yang disembunyikan di iPhone

  • Pilih beberapa foto di galeri iPhone, lalu klik opsi “Sembunyikan”.
  • Setelah foto dari galeri berpindah ke album “Hidden”, silakan buka menu pengaturan perangkat.
  • Lalu, pilih opsi “Foto” atau “Photos” dan aktifkan opsi “Gunakan Kode Sandi” untuk kunci foto yang disembunyikan.
  • Bila opsi tersebut diaktifkan maka pengguna perlu memasukkan kata sandi supaya bisa mengakses foto yang disembunyikan di album “Hidden” galeri iPhone.

Ilustrasi cara kunci foto yang disembunyikan di iPhone dan menghilangkan album Hidden.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara kunci foto yang disembunyikan di iPhone dan menghilangkan album Hidden.

Cara menghilangkan album “Hidden”

  • Album “Hidden” bisa tidak ditampilkan di galeri iPhone dengan cara akses menu pengaturan perangkat.
  • Kemudian, pilih opsi “Foto” atau Photos”.
  • Terakhir, silakan untuk menonaktifkan opsi “Tampilkan Album Tersembunyi”.
  • Saat opsi itu dinonaktifkan, album “Hidden” bakal tidak ditampilkan di galeri foto iPhone.

Baca juga: iOS 16 Versi Final Rilis Hari Ini, Ini Daftar iPhone yang Kebagian

Demikianlah penjelasan seputar cara kunci foto yang disembunyikan di iPhone iOS 16, berikut dengan cara menghilangkan album “Hidden” agar tidak muncul di galeri, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.