Kondisi Bisnis Shopee di Sejumlah Negara, dari Tutup Operasi hingga PHK Karyawan

Kompas.com - 20/09/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Bisnis perusahaan marketplace kenamaan, Shopee, tampaknya tengah mengalami guncangan di sejumlah negara. Mulanya, Shopee melakukan penutupan operasi bisnisnya di sejumlah negara, termasuk India dan Perancis.

Menyusul penutupan operasi, anak perusahaan Sea Group itu lantas juga menerapkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) pada karyawannya di beberapa negara, termasuk salah satunya yang terbaru adalah Indonesia.

Baca juga: Shopee Indonesia PHK Karyawan, Berapa Jumlahnya?

Untuk lebih lengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan kondisi bisnis Shopee di sejumlah negara sepanjang tahun ini, mulai dari penutupan operasi hingga PHK karywan.

Tutup operasi bisnis di India, Perancis, dan Amerika Latin

Shopee awalnya memiliki wilayah operasi bisnis di sejumlah negara di luar kawasan Asia Tenggara, seperti India, Perancis, dan negara-negara di Amerika Latin, termasuk Chile, Meksiko, Kolombia, dan Argentina.

Namun, akhirnya Shopee harus menutup operasi bisnisnya di negara-negara tersebut. Pada Maret 2022, Shopee resmi mengumumkan penutupan operasional layanan di Perancis. Tak ada alasan spesifik yang menyertai keputusan tersebut.

Di bulan yang sama, Shopee juga menghentikan bisnisnya untuk pasar India. Alasan penutupan bisnis Shopee di India tak begitu jelas pula, hanya disebutkan karena terdapat “ketidakpastiaan”.

Setelah India dan Perancis, penutupan operasi bisnis Shopee berlanjut ke negara Amerika Latin. Pada September ini, Shopee resmi mengumumkan hengkang dari Chile, Meksiko, Kolombia dan Argentina.

Di Chile, Kolombia, dan Meksiko, menurut sumber yang dikutip Reuters, Shopee hanya menutup operasional lokalnya. Namun, Shopee dikatakan masih akan menjalankan operasional lintas negara di ketiga negara tersebut.

Baca juga: Shopee Setop Operasi di Chile dan Meksiko, Hengkang dari Argentina

"Mengingat ketidakpastian ekonomi makro yang meningkat saat ini, (perusahaan perlu) memfokuskan sumber daya pada operasi inti," kata CEO Shopee, Chris Feng, dalam sebuah pernyataan yang dikutip KompasTekno dari Reuters, Selasa (20/9/2022).

Karena alasan itu, perusahaan memutuskan untuk menghentikan operasional lokalnya dan berkonsentrasi pada model operasional lintas negara di Meksiko, Kolombia, dan Chile.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.