iOS 16 Bikin Boros Baterai iPhone? Coba Matikan Fitur Ini

Kompas.com - 20/09/2022, 10:35 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi iPhone teranyar, iOS 16, tak hanya membawa fitur-fitur terbaru, tapi juga terdapat beberapa kendala yang menyertainya. Beberapa pengguna di Twitter mengeluh apabila iOS 16 boros baterai.

Misalnya, keluhan yang disampaikan oleh akun dengan handle @ry4nn, sebagaimana tertera pada cuplikan di bawah ini. Dalam cuitan itu, ia mengaku bila iOS 16 boros baterai dengan durasi pengurangan daya yang lebih cepat dari biasanya.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Keluhan iOS 16 boros baterai tak hanya datang dari satu pengguna. Sama halnya @ry4nn, akun dengan handle @immdisini juga mengatakan jika iOS 16 bikin boros baterai iPhone, seperti yang tertera di bawah ini.

Di Twitter, masih banyak lagi keluhan pengguna yang bisa dijumpai soal iOS 16 bikin boros baterai iPhone. Beberapa pengguna di Twitter juga tampak ragu hendak menginstal iOS 16 akibat salah satu isu ini.

Lantas, apakah iOS 16 bikin boros baterai iPhone? Berdasarkan percobaan pengoperasian yang telah dilakukan KompasTekno, iOS 16 dalam kondisi tertentu bisa membuat baterai iPhone jadi lebih boros.

Penyebab iOS 16 bikin boros baterai iPhone

Lalu, apa yang menyebabkan iOS 16 bikin boros baterai iPhone? Sejauh pengamatan yang dilakukan, salah satu penyebab iOS 16 bikin boros baterai iPhone adalah penggunaan fitur wallpaper bertema astronomi (wallpaper astronomi).

Bila belum mengetahuinya, wallpaper astronomi merupakan salah satu koleksi wallpaper baru di iPhone yang ditambahkan lewat iOS 16. Di wallpaper ini, terdapat gambar dengan desain luar angkasa, seperti gambar bumi, bulan, dan gugusan planet dalam tata surya.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Ilustrasi wallpaper astronomi di iOS 16 yang terdiri dari gambar tata surya, bulan, dan bumi.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi wallpaper astronomi di iOS 16 yang terdiri dari gambar tata surya, bulan, dan bumi.

Wallpaper astronomi bisa berganti secara dinamis, misalnya tampilan pada gambar bumi dari siang dapat beralih ke malam. Untuk gambar bumi, terdapat pula fitur yang bisa menampilkan titik lokasi terkini iPhone.

Wallpaper astronomi bisa bekerja dengan memanfaatkan fitur Lokasi atau GPS di iPhone. Untuk memperbarui tampilan wallpaper astronomi supaya bisa berganti, fitur Lokasi bakal bekerja di belakang layar secara intensif

Penggunaan fitur Lokasi secara intensif itulah yang membuat wallpaper astronomi cukup banyak mengonsumsi daya iPhone. Sebagai contoh, silakan lihat tangkapan layar konsumsi daya iPhone di bawah ini.

Wallpaper astronomi mengonsumsi daya iPhone sebesar 5 persen dalam durasi layar nyala selama 7 jam 33 menit lantaran mengakses fitur Lokasi di belakang layar secara intensif.KOMPAS.com/Zulfikar Wallpaper astronomi mengonsumsi daya iPhone sebesar 5 persen dalam durasi layar nyala selama 7 jam 33 menit lantaran mengakses fitur Lokasi di belakang layar secara intensif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.