Pengguna Bisa Hapus Data Pribadi yang Muncul di Hasil Pencarian Google

Kompas.com - 22/09/2022, 08:30 WIB

KOMPAS.com - Google mulai menggulirkan tools/alat baru yang bisa memudahkan pengguna memproses penghapusan data pribadi yang muncul di hasil penelusuran Google Search.

Fitur yang disebut "Result about you" (Hasil tentang Anda) ini sudah tersedia bagi sejumlah pengguna Android, dan disebar secara bertahap.

Pantauan KompasTekno, saat berita ini ditayangkan, fitur ini belum tersedia di Indonesia. Namun pengguna bisa mengajukan melalui halaman khusus yang dibuat Google di tautan berikut ini.

"Result about you" sendiri bisa ditemukan pada aplikasi Google versi Android dengan mengklik ikon profil pengguna yang tersedia di sudut kanan atas. Dari situ, pengguna akan langsung menemukan menu "Result on you".

Dengan memilih menu tersebut, pengguna akan diarahkan pada halaman yang menjelaskan bagaimana mereka bisa meminta Google menghapus data pribadi dari hasil penelusuran di Google Search.

Baca juga: RUU PDP Resmi Disahkan Jadi Undang-undang Perlindungan Data Pribadi

Data pribadi yang dimaksud misalnya nomor telepon, alamat rumah, e-mail, dan sebagainya. Selain pada aplikasi Google, pengguna juga bisa menemukan menu "Result about you" saat melakukan pencarian.

Misalnya ketika pengguna menemukan data dirinya muncul pada hasil pencarian, mereka bisa mengklik menu berikon tiga titik di sudut kanan setiap hasil pencarian. Dari situ, pengguna akan menemukan panel "About this result" (Tentang hasil ini) yang memuat submenu "Result about you".

Menu baru ini juga dilengkapi dengan halaman yang menunjukkan proses permintaan penghapusan, apakah sedang diproses atau sudah disetujui oleh Google. Halaman ini juga memungkinkan pengguna membuat permintaan penghapusan data pribadi baru yang mungkin baru ditemukan di hasil pencarian.

Menu Result about you di Google Search9to5Google Menu Result about you di Google Search

Ketika membuat permintaan penghapusan data, pengguna akan diminta menjelaskan apa alasan mereka meminta data tersebut dihapus. Namun Google sudah menyiapkan beberapa opsi jawaban untuk memudahkan pengguna. Opsi tersebut meliputi:

  • Ini menunjukkan data pribadi saya
  • Ini menunjukkan kontak saya dengan maksud menyakiti saya
  • Ini menunjukkan data pribadi lainnya
  • Ini memuat info ilegal
  • Ini sudah kedaluwarsa

Menurut Google, pengajuan penghapusan data pribadi dari hasil pencarian Google Search tidak serta merta menghapus semua konten pada situs web. Jadi, ada kalanya pengguna harus menghubungi situs web terkait untuk meminta penghapusan data pribadi.

Baca juga: Cara Kerja Search Engine dalam Menentukan Hasil Pencarian

Halaman:
Sumber 9to5Google


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.