Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sangat Mirip iPhone 14 Pro Max, HP Android Ini Dijual Rp 1 Jutaan

Kompas.com - Diperbarui 26/09/2022, 08:40 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - iPhone 14 series resmi diluncurkan Apple pada 7 September lalu dalam acara Apple Event. Smartphone ini hadir dalam empat model, meliputi iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Meski terbilang belum lama dirilis, tiruan iPhone 14 Pro Max sudah beredar di China. Nama ponselnya juga dibuat begitu identik, yaitu i14 Pro Max.

Sekilas, tampilan fisik i14 Pro Max dengan iPhone 14 Pro Max hampir mirip, baik pada tampilan depan maupun punggungnya. Sebab, kloningan iPhone 14 Pro Max juga dihias dengan lubang layar ganda berbentuk pil, serupa Dynamic Island.

Sementara bagian punggungnya dihias tiga kamera yang tersusun secara zig-zag sebagaimana iPhone 14 Pro Max. Tentu saja, tidak ada logo ikonik Apple yang ditemukan di punggung.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Meskipun fisiknya mirip, tentu saja spesifikasi i14 Pro Max berbeda dengan flagship Apple itu meskipun dalam beberapa aspek agak serupa. Smartphone ini hadir dengan layar 6,51 inci, lebih kecil dibanding iPhone 14 Pro Max 6,7 inci. Sistem operasinya juga didukung Android alih-alih iOS.

i14 Pro Max juga dibekali dengan RAM 3 GB dan penyimpanan 32 GB. Namun ponsel ini hanya mendukung jaringan 4G alih-alih 5G seperti ponsel terbaru Apple.

Chipset yang digunakan ponsel ini tidak diketahui, namun ada kemungkinan i14 Pro Max varian tertinggi ditopang chipset MediaTek Dimensity 9000, sebagaimana dilansir KompasTekno dari Gizmochina, Jumat (23/9/2022).

Pada aspek fotografi, i14 Pro Max menawarkan kamera utama 108 MP serta kamera 48 MP. Selain itu, perangkat ini dibekali fitur keamanan pemindai wajah atau face unlock.

Baca juga: Indikasi Kuat iPhone 14 Series Segera Masuk ke Indonesia

Spesifikasi Kloningan iPhone 14 Pro Max di ChinaGizmochina Spesifikasi Kloningan iPhone 14 Pro Max di China

Berdasarkan postingan di toko online China, i14 Pro Max juga memililki varian lain dengan konfigurasi memori RAM 16 GB dan 1 TB. Foto yang menyertai postingan itu juga menunjukkan bahwa varian ini dibekali baterai 7.800 mAh. Namun varian ini hadir dengan layar 6,8 inci dan refresh rate 120 Hz.

i14 Pro Max dijual mulai harga 72 dolar AS atau sekitar Rp 1 jutaan. Harga ini tentu jauh lebih murah dibanding iPhone 14 Pro Max yang dibanderol mulai 1.099 dolar AS atau setara Rp 16,3 juta.

Namun karena kemiripan fisik keduanya, konsumen perlu berhati-hati, apabila mendapati penawaran iPhone 14 Pro Max dengan harga yang jauh berbeda dibanding harga yang ditetapkan Apple. Apabila berniat membeli secara daring, ada baiknya untuk membaca deskripsi dengan lebih cermat agar tidak mudah terkecoh.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Spesifikasi iPhone 14 Pro Max

Menilik sekilas spesifikasi iPhone 14 Pro Max. Sebenarnya, spesifikasi iPhone 14 Pro Max hampir sama seperti iPhone 14 Pro. Keduanya hadir dengan pembaruan desain, karena poni yang ada sejak iPhone X diganti dengan lubang kamera alias punch hole lebar atau disebut Dynamic Island.

iPhone 14 Pro Max mengadopsi panel LTPO Super Retina XDR OLED 6,7 inci. Pada aspek daya, iPhone 14 Pro Max diklaim tahan lama misalnya untuk memainkan video sampai dengan 29 jam.

Pada aspek hardware, iPhone 14 pro Max ditenagai oleh chipset A16 Bionic, yang merupakan chipset terbaru dari Apple. Chip ini dipadukan dengan penyimpanan 128 GB, 256 GB, 512 GB, 1 TB.

Smartphone ini juga dilengkapi tiga kamera belakang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 12 MP, dan telefoto 12 MP. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 12 MP.

iPhone 14 Pro Max dibanderol mulai 1.099 dolar AS atau setara Rp 16,3 juta. Spesifikasi iPhone 14 Pro Max selengkapnya, bisa disimak di artikel berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com