Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekaman Rapat Google Diduga Bocor, Sundar Pichai Minta Karyawan Berhemat

Kompas.com - 26/09/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Google belum lama ini dikabarkan mengadakan sebuah rapat besar (town hall meeting) yang digelar secara internal di kota New York, Amerika Serikat (AS). Rekaman audio rapat ini disinyalir bocor di internet.

Dalam rapat internal tersebut, CEO Google Sundar Pichai ternyata hadir untuk untuk menjawab berbagai keluhan dan pertanyaan karyawan, terutama terkait kebijakan perusahaan yang konon sedang "menghemat" biaya operasional.

Salah satu pertanyaan yang banyak diajukan karyawan Google konon adalah terkait mengapa perusahaan tersebut memangkas biaya perjalanan dan hiburan. Padahal, bisnis Google konon sejauh ini berkembang dan memiliki cadangan kas yang cukup besar.

Baca juga: Karier Sundar Pichai hingga Jadi CEO Google

"Saya harap Anda membaca kabar yang terjadi saat ini, di mana kita harus menyesuaikan diri di tengah masalah ekonomi makro terbesar dalam satu dekade terakhir," ujar Pichai menjawab pertanyaan tersebut, dikutip KompasTekno dari CNBC, Senin (26/9/2022).

Pichai melanjutkan bahwa semua karyawan Google harus bekerja sama untuk menghadapi tantangan ekonomi global yang sedang terjadi, begitu juga dampak negatif yang kemungkinan ditimbulkan dari fenomena itu.

Salah satunya adalah dengan menghemat dan meminimalisir pengeluaran, sama seperti apa yang dilakukan Google saat ini.

"Saya ingat betul ketika Google hanyalah sebuah perusahaan kecil yang tidak seperti sekarang. Kala itu, hiburan dan kebahagiaan karyawan tidak melulu harus dicapai dengan uang yang banyak," tutur Pichai.

Baca juga: Google dan Meta Diam-diam Kurangi Karyawannya

"Kami sangat peduli akan karyawan kami. Menurut saya, kita harus bersabar menghadapi tantangan ekonomi global saat ini, dan penting bagi kita untuk bekerja sama (melakukan penghematan) di masa sekarang," imbuh Pichai. 

Diminta tidak menghambur-hamburkan uang

Ilustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.Yudha Pratomo/KompasTekno Ilustrasi: logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.

Dalam kesempatan yang sama, Head of Finance Google, Kristin Reinke menambahkan bahwa para karyawan Google diminta untuk meminimalisir pengeluaran untuk bepergian dan bertemu dengan satu rekan kerja, atau dinas ke luar wilayah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com