Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2022, 11:01 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Engadget

KOMPAS.com - Netflix tambaknya semakin serius dengan bisnis gaming. Baru-baru ini, perusahaan layanan streaming asal AS itu mengumumkan akan segera membuka studio game di Helsinki, Finlandia.

Menurut Netflix, Kota Helsinki dipilih karena menjadi "rumah" dari para pengembang game yang memiliki talenta terbaik di dunia.

"Ini adalah langkah dari visi kami untuk membangun studio game kelas dunia yang akan menghadirkan berbagai game orisinil yang menyenangkan dan menarik, tanpa iklan dan tanpa pembelian dalam aplikasi kepada ratusan juta anggota kamu di dunia," tulis Amir Rahimi selaku Vice President Game Studios di blog resmi Netflix.

Baca juga: Pelanggan Netflix Diprediksi Semakin Berkurang, Mahalnya Harga Paket Jadi Penyebab

Game studio internal milik Netflix nantinya akan dipimpin oleh Marko Lastikka, mantan general manager Zygna dan EA.

Netflix memang mulai serius dengan bisnis gaming dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan over the top (OTT) itu telah mengakuisisi beberapa studio game sejak 2021 lalu. Tiga studio sebelumnya bernama Next Games, Night School Studio, dan Boss Fight Entertainment.

Menurut Rahimi, keempat studio yang dimiliki Netflix, nantinya akan memiliki keunggulan dan fokusnya masing-masing. Sehingga sejumlah game yang ditawarkan pun bakal menyesuaikan selera konsumen.

Netflix mengatakan, game dari studio internal mereka belum akan bisa dinikmati dalam beberapa tahun ke depan. Namun, setidaknya rencana pembukaan studio game ini menunjukan keseriusan Netflix dan bagaimana stretegi bisnis gaming mereka berkembang.

Di mana mulanya, Netflix bergantung pada game buatan developer eksternal untuk membuat game dengan versi yang serupa dengan series film orisinilnya, seperti "Stranger Things: 1984" atau "Queen's Gambis Chess".

Baca juga: Ubisoft Garap Assassins Creed untuk Layanan Netflix Games

Ke depan, Netflix diyakini akan fokus pada proyek game yang benar-benar unik dan berbeda dari pengembang lain, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (28/9/2022).

Sejak peluncuran layanan Netflix Games November 2021 lalu, para pengguna memberikan respons dan antusias yang cukup tinggi. Mereka juga menyarankan perusahaan untuk terus menawarkan permainan bebas iklan secara gratis.

Menanggapi hal tersebut, Netflix pun mengungkapkan bahwa perusahaan bakal menyajikan lebih dari 50 judul game baru pada akhir tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Engadget
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com