Kompas.com - 28/09/2022, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Netflix tambaknya semakin serius dengan bisnis gaming. Baru-baru ini, perusahaan layanan streaming asal AS itu mengumumkan akan segera membuka studio game di Helsinki, Finlandia.

Menurut Netflix, Kota Helsinki dipilih karena menjadi "rumah" dari para pengembang game yang memiliki talenta terbaik di dunia.

"Ini adalah langkah dari visi kami untuk membangun studio game kelas dunia yang akan menghadirkan berbagai game orisinil yang menyenangkan dan menarik, tanpa iklan dan tanpa pembelian dalam aplikasi kepada ratusan juta anggota kamu di dunia," tulis Amir Rahimi selaku Vice President Game Studios di blog resmi Netflix.

Baca juga: Pelanggan Netflix Diprediksi Semakin Berkurang, Mahalnya Harga Paket Jadi Penyebab

Game studio internal milik Netflix nantinya akan dipimpin oleh Marko Lastikka, mantan general manager Zygna dan EA.

Netflix memang mulai serius dengan bisnis gaming dalam beberapa tahun terakhir. Perusahaan over the top (OTT) itu telah mengakuisisi beberapa studio game sejak 2021 lalu. Tiga studio sebelumnya bernama Next Games, Night School Studio, dan Boss Fight Entertainment.

Menurut Rahimi, keempat studio yang dimiliki Netflix, nantinya akan memiliki keunggulan dan fokusnya masing-masing. Sehingga sejumlah game yang ditawarkan pun bakal menyesuaikan selera konsumen.

Netflix mengatakan, game dari studio internal mereka belum akan bisa dinikmati dalam beberapa tahun ke depan. Namun, setidaknya rencana pembukaan studio game ini menunjukan keseriusan Netflix dan bagaimana stretegi bisnis gaming mereka berkembang.

Di mana mulanya, Netflix bergantung pada game buatan developer eksternal untuk membuat game dengan versi yang serupa dengan series film orisinilnya, seperti "Stranger Things: 1984" atau "Queen's Gambis Chess".

Baca juga: Ubisoft Garap Assassins Creed untuk Layanan Netflix Games

Ke depan, Netflix diyakini akan fokus pada proyek game yang benar-benar unik dan berbeda dari pengembang lain, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Engadget, Rabu (28/9/2022).

Sejak peluncuran layanan Netflix Games November 2021 lalu, para pengguna memberikan respons dan antusias yang cukup tinggi. Mereka juga menyarankan perusahaan untuk terus menawarkan permainan bebas iklan secara gratis.

Menanggapi hal tersebut, Netflix pun mengungkapkan bahwa perusahaan bakal menyajikan lebih dari 50 judul game baru pada akhir tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Engadget


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.