Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Direndam Lalu Dibekukan 10 Jam, Bagaimana Nasibnya?

Kompas.com - 03/10/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Ketahanan dari air merupakan salah satu fitur yang diunggulkan smartphone flagship. Sebagai smartphone flagship, Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max juga dibekali dengan fitur ketahanan air dengan sertifikasi IP68.

Secara teori, IP rating tersebut memungkinkan perangkat tahan dari debu serta air hingga kedalaman 1,5 meter dalam 30 menit. Untuk membuktikannya, youtuber Tech Trimmers menguji ketahanan air Samsung Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max.

Dia memasukan kedua smartphone itu ke dua wadah secara terpisah. Tech Trimmers kemudian memasukan minuman bersoda ke setiap wadah tersebut dalam keadaan smartphone menyala. Dia juga memasang stopwatch pada masing-masing ponsel agar pengujiannya lebih transparan.

Baca juga: Gambar Jernih Pemotretan Pakai Fitur Zoom Samsung Galaxy S22 Ultra Viral di Twitter, Ini Faktanya

Selanjutnya kedua wadah itu ditutup dan dimasukan ke freezer selama 10 jam.

Samsung Galaxy S22 Ultra (kanan) vs iPhone 14 Pro Max (kiri)Tech Trimmers Samsung Galaxy S22 Ultra (kanan) vs iPhone 14 Pro Max (kiri)

Untuk menghitung durasinya, Tech Trimmers juga memasang stopwatch pada ponsel lain dan membiarkan Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max dalam freezer.

Setelah 10 jam, kedua kotak berisi Galaxy S22 Ultra dan iPhone 14 Pro Max itu membeku. Tampilan kedua ponsel bahkan menunjukkan dalam posisi mati, tak lagi menyala seperti saat dimasukan ke freezer.

Namun tampilan tersebut ternyata hanya karena perangkat terkunci otomatis, bukan mati sepenuhnya.

Hasilnya, Galaxy S22 Ultra dapat berfungsi dengan baik meskipun direndam dalam air dan dibekukan. Begitu pula ketika youtuber itu mengoperasikan kamera depan atau belakang perangkat. Bahkan tidak ditemukan jejak air sama sekali pada layar maupun tampilan kameranya.

Baca juga: iPhone 14 Sudah Dipajang di Situs Apple Indonesia, Kapan Dirilis?

Tech Trimmers bahkan memutar musik di Youtube dari Galaxy S22 Ultra guna memeriksa apakah speakernya berfungsi dengan baik.

Dengan hasil tersebut, Tech Trimmers menyimpulkan bahwa Galaxy S22 Ultra lulus pengujian.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.