Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metavertu Meluncur, Smartphone Web3 dengan Spesifikasi "Garang"

Kompas.com - 31/10/2022, 18:06 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber GizChina

KOMPAS.com -Vendor ponsel mewah asal Inggris, Vertu meluncurkan smartphone baru bernama Metavertu. Satu hal yang membuat perangkat ini berbeda dibanding smartphone pada umumnya yaitu adanya dukungan Web3.

Web3 adalah konsep internet masa depan yang mengedepankan aspek privasi dan desentralisasi, sehingga kompatibel dengan teknologi blockchain.

Karena mengusung internet Web3, Metavertu juga menyediakan penyimpanan berbasis Interplanetary File System (IPFS) hingga 10 TB, ruang yang terenkripsi hingga chip privasi A5 yang berguna untuk mengamankan aset NFT atau aset kripto lainnya.

Selain itu, smartphone ini juga terintegrasi dengan dompet digital "Value" besutan Vertu serta layanan pesan instan yang dienkripsi end-to-end bernama Vtalk demi menjaga keamanan pengguna.

Baca juga: Ponsel Vertu Cobra Dijual Rp 4,7 Miliar, Dikirim dengan Helikopter

Sementara itu secara umum spesifikasi teknis Metavertu cukup tinggi, misalnya pada aspek hardware yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 serta RAM cukup besar, yakni 18 GB.

Spesifikasi Metavertu

Tampilan Metavertu tampak seperti smartphone pada umumnya dengan layar berpanel AMOLED 6,67 inci, resolusi Full HD Plus (1080 x 2400) dan tepi melengkung. Layarnya juga didukung dengan refresh rate 144 Hz serta kecerahan 1000 nit.

Punggungnya cukup unik karena berbeda dengan ponsel lain. Punggung Metavertu dibalut dengan material keramik serta kulit yang bertekstur. Pada punggungnya pula terpasang modul kamera belakang yang lebih tebal dibanding penampang ponsel.

Pada aspek hardware, Metavertu ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM jumbo LPDDR5 18 GB. Penyimpanan internalnya juga terbilang besar, yaitu 1 TB UFS 3.1. Ada pula opsi yang lebih rendah, yaitu RAM 12 GB dengan penyimpanan 512 GB.

Metavertu juga menyediakan media penyimpanan 10 TB distributed storage ketika perangkat digunakan sebagai ponsel Web3. Distributed storage di Web3 memungkinkan data dipecah menjadi beberapa komponen dan menyimpanannya di jaringan peer-to-peer (P2P).

Selain Snapdragon 8 Gen 1, Vertu juga menyematkan chip keamanan A5 pada ponsel Metavertu guna menunjang keamanan pengguna.

Urusan daya tahannya ditunjang oleh baterai berkapasitas 4.600 mAh yang didukung fast charging 55 watt serta wireless charging 15 watt.

Dihimpun KompasTekno dari situs Vertu, dukungan fast charging tersebut bisa membuat daya Metavertu terisi dari 0 hingga penuh hanya dalam 20 menit. Pengisian ulang baterainya sendiri dapat dilakukan menggunakan kabel USB tipe-C.

Baca juga: Sempat Bangkrut, Vertu Kembali Rilis Ponsel Seharga Mobil

Metavertu, HP web3 dari VertuVertu Metavertu, HP web3 dari Vertu

Beralih ke aspek kamera, Metavertu dibekali tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 64 MP yang didukung OIS, kamera wide 50 MP, serta kamera periskop 8 MP yang disertai dukungan OIS.

Adapun kamera depannya memiliki resolusi 16 MP, ditempatkan pada lubang layar (punch hole).

Fitur lainnya yang tersedia pada Metavertu yaitu pemindai sidik jari, NFC, hingga Bluetooth 5.2. Sementara fitur spesial pendukung dunia blockchain yang ada pada Metavertu antara lain kamera blockchain Vshot, DApp Store, browser Venture serta NFT pass.

Harga Metavertu

Metavertu akan mulai dijual pada 3 November mendatang. Smartphone ini tersedia dalam delapan varian berdasarkan model kulit dan aksesori yang digunakan.

Baca juga: Vendor Smartphone Mewah Vertu Dibeli Pengusaha Turki Rp 812 Miliar

Ada beberapa varian yang tersedia meliputi Basic Carbon Fiber, Calf Leather Caramel Brown, Alligator Leather Iron Blac, Kalligator Leather Creamy White, Alligator Leather Flame Red, Jade Blackdawning Orange, Himalaya Alligator Leather 18k Gold & Diamonds.

Varian terendah dijual seharga 3.600 dollar AS atau setara Rp 56 juta. Sementara itu varian tertinggi yang balut dengan emas dan berlian 18 K dijual seharga 41.500 dollar AS atau setara Rp 646 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com