Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metavertu Meluncur, Smartphone Web3 dengan Spesifikasi "Garang"

Kompas.com - 31/10/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com -Vendor ponsel mewah asal Inggris, Vertu meluncurkan smartphone baru bernama Metavertu. Satu hal yang membuat perangkat ini berbeda dibanding smartphone pada umumnya yaitu adanya dukungan Web3.

Web3 adalah konsep internet masa depan yang mengedepankan aspek privasi dan desentralisasi, sehingga kompatibel dengan teknologi blockchain.

Karena mengusung internet Web3, Metavertu juga menyediakan penyimpanan berbasis Interplanetary File System (IPFS) hingga 10 TB, ruang yang terenkripsi hingga chip privasi A5 yang berguna untuk mengamankan aset NFT atau aset kripto lainnya.

Selain itu, smartphone ini juga terintegrasi dengan dompet digital "Value" besutan Vertu serta layanan pesan instan yang dienkripsi end-to-end bernama Vtalk demi menjaga keamanan pengguna.

Baca juga: Ponsel Vertu Cobra Dijual Rp 4,7 Miliar, Dikirim dengan Helikopter

Sementara itu secara umum spesifikasi teknis Metavertu cukup tinggi, misalnya pada aspek hardware yang menggunakan chip Snapdragon 8 Gen 1 serta RAM cukup besar, yakni 18 GB.

Spesifikasi Metavertu

Tampilan Metavertu tampak seperti smartphone pada umumnya dengan layar berpanel AMOLED 6,67 inci, resolusi Full HD Plus (1080 x 2400) dan tepi melengkung. Layarnya juga didukung dengan refresh rate 144 Hz serta kecerahan 1000 nit.

Punggungnya cukup unik karena berbeda dengan ponsel lain. Punggung Metavertu dibalut dengan material keramik serta kulit yang bertekstur. Pada punggungnya pula terpasang modul kamera belakang yang lebih tebal dibanding penampang ponsel.

Pada aspek hardware, Metavertu ditenagai oleh chip Snapdragon 8 Gen 1 yang dipadukan dengan RAM jumbo LPDDR5 18 GB. Penyimpanan internalnya juga terbilang besar, yaitu 1 TB UFS 3.1. Ada pula opsi yang lebih rendah, yaitu RAM 12 GB dengan penyimpanan 512 GB.

Metavertu juga menyediakan media penyimpanan 10 TB distributed storage ketika perangkat digunakan sebagai ponsel Web3. Distributed storage di Web3 memungkinkan data dipecah menjadi beberapa komponen dan menyimpanannya di jaringan peer-to-peer (P2P).

Selain Snapdragon 8 Gen 1, Vertu juga menyematkan chip keamanan A5 pada ponsel Metavertu guna menunjang keamanan pengguna.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.