Kompas.com - 21/11/2022, 11:00 WIB

KOMPAs.com - Zoom resmi meluncurkan fitur baru berupa e-mail (Zoom Mail) dan kalender (Zoom Calendar) Client versi beta di dalam platformnya sejak pekan lalu.

Pantauan KompasTekno, dua fitur baru ini sudah bisa dijajal pengguna Zoom di Indonesia lewat aplikasi Zoom desktop versi 5.12.8 (10232).

Baca juga: Zoom Punya Fitur Baru E-mail dan Kalender, Begini Tampilannya

Zoom Mail dan Zoom Calendar versi Client ini memungkinkan pengguna Zoom, baik yang berbayar atau gratis untuk mengakses akun e-mail mereka dari layanan e-mail pihak ketiga, seperti Gmail atau Microsoft Outlook langsung di aplikasi desktop Zoom.

Dengan integrasi ini, pengguna Zoom bisa membaca e-mail dan melihat jadwal lebih cepat dan praktis langsung di aplikasi Zoom desktop, tak perlu repot-repot membuka gmail.com di browser lagi.

Cara integrasikan Gmail ke aplikasi Zoom desktop

Berikut cara integrasikan Gmail ke aplikasi Zoom desktop agar membaca e-mail lebih praktis.

  • Buka aplikasi Zoom desktop
  • Pastikan aplikasi Zoom desktop sudah dalam versi paling baru. Bila belum, klik foto profil di pojok kanan atas > "Check for update" > download dan install update.
  • Selanjutnya, klik tab "Mail"
  • Klik "Get started"

Cara integrasikan gmail ke aplikasi Zoom desktop.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara integrasikan gmail ke aplikasi Zoom desktop.

  • Sign in dengan akun Google (logo huruf "G")
  • Pengguna akan dialihkan ke jendela Zoom di browser
  • Sign in kembali dengan akun Google
  • Akan muncul jendel "Select a Service"
  • Pilih opsi "Google"
  • Berikan Zoom akses untuk melihat dan membuat e-mail di Gmail, jadwal di Google Calendar, kotak dan Drive. Perizinan ini bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna
  • Klik "Next"
  • Pilih akun Google yang sama
  • Centang semua permintaan akses

cara integrasikan gmail ke aplikasi zoom desktop. Setelah selesai diintegrasikan, pengguna bisa langsung membaca dan mengirim email lewat tab Mail.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto cara integrasikan gmail ke aplikasi zoom desktop. Setelah selesai diintegrasikan, pengguna bisa langsung membaca dan mengirim email lewat tab Mail.
Dan voila, pengguna bisa langsung membaca dan mengirim e-mail lewat aplikasi Zoom desktop. Jadwal yang ada di Google Calendar juga akan otomatis muncul di tab "Calendar".

Dengan integrasi ini, pengguna Zoom bisa melakukan Zoom Meeting sambil mengecek e-mail dan jadwal kegiatannya tanpa harus meninggalkan aplikasi.

 Baca juga: Cara Mengganti Foto Profil Zoom di PC, Laptop dan HP

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.