Kompas.com - 25/11/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkapkan telah menghapus situs dengan URL presiden.go.id.

Nama situs presiden.go.id ini mirip dengan laman resmi Presiden Republik Indonesia (RI) yang asli di alamat presidenri.go.id sehingga dihapus agar masyarakat tak terkecoh ketika akan mengaksesnya.

"Saat ini Kementerian Kominfo telah menghapus nama domain presiden.go.id agar tidak menimbulkan kebingungan di tengah masyarakat," tulis Kominfo, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Kominfo, Jumat (25/11/2022).

Sepengalaman KompasTekno hari ini, ketika mencoba mengunjungi URL presiden.go.id yang sudah dihapus, kami hanya menemukan jendela bertuliskan "this site can't be reached" (situs ini tak bisa dijangkau).

Baca juga: Jangan Salah, Situs Resmi Presiden RI adalah presidenri.go.id

Hal tersebut berbeda dengan kondisi kemarin, Kamis (24/11/2022), ketika KompasTekno mengakses URL presiden.go.id, situs tampaknya me-redirect ke laman resmi presidenri.go.id.

Disebut belum bayar domain

Sebelumnya, situs presiden.go.id sempat disangkakan sebagai laman resmi Presiden Republik Indonesia (RI) yang dikelola oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Kementerian Sekretariat Negara.

Situs Presiden RI ini sedianya menjadi rujukan utama masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait kepresidenan terkini mulai dari siaran pers, foto kegiatan presiden, video presiden, hingga transkrip pidato presiden.

Pada Rabu (23/11/2022), situs presiden.go.id ramai diperbincangkan karena tidak bisa diakses gara-gara disebut belum membayar hosting/domain, seperti gambar di bawah. Foto screenshot situs presiden.go.id dengan pengumuman belum membayar sewa domain itu ramai dibagikan di grup-grup percakapan.

Tangkapan layar situs presiden.go.id (kiri) dan laman resmi presidenri.go.id (kanan).Ist Tangkapan layar situs presiden.go.id (kiri) dan laman resmi presidenri.go.id (kanan).
Namun, pihak istana sudah mengklarifikasi bahwa situs resmi Presiden RI adalah presidenri.go.id, bukan presiden.go.id.

Baca juga: 5 Situs Tes Kecepatan Internet dan Cara Kerjanya

"Ini (URL situs Presiden RI) resminya http://presidenri.go.id," kata Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Faldo Maldini melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Kamis (24/11/2022).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.