Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trafik Data Telkomsel Naik 59 Persen Selama KTT G20 di Bali

Kompas.com - 26/11/2022, 09:00 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Telkomsel sukses menggelar infrastruktur jaringan telekomunikasi selama perhelatan KTT G20 di Bali. Selama gelaran puncak KTT G20 13-17 November 2022 di Bali, Telkomsel mencatatkan lonjakan trafik layanan data lebih dari 59 persen.

Telkomsel menggelar infrastruktur tambahan sejumlah 88 BTS 4G/LTE serta 39 BTS 5G yang menjangkau titik-titik rangkaian kegiatan KTT G20, sehingga total BTS mencapai lebih dari 7.800 unit di seluruh Provinsi Bali.

Untuk layanan 5G, trafik telekomunikasi Telkomsel juga mengalami peningkatan lebih dari 176 persen dibandingkan hari biasa. Layanan 5G di Bali salah satunya menggunakan frekuensi milimeter wave 26 GHz, menghasilkan kecepatan download 5G mencapai 5,2 Gbps.

Baca juga: Telkomsel Halo Plus Meluncur, Kuota hingga 130 GB Harga Mulai Rp 100.000

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan Telkomsel bersyukur dapat memberikan kontribusi terbaiknya guna mendukung kelancaran kegiatan puncak acara KTT G20 di Bali.

"Kami berharap dengan suksesnya gelaran forum internasional ini semakin membuka peluang pertumbuhan ekonomi melalui kolaborasi strategis tanpa batas, yang mengakselerasikan perubahan menuju masa depan dunia yang lebih baik,” kata Nugroho dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (26/11/2022).

Secara keseluruhan rangkaian kegiatan presidensi Indonesia untuk G20, sejak awal tahun Telkomsel telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan lebih dari 35.000 BTS broadband, termasuk tambahan 190 BTS 5G dan  lebih dari 11 Compact Mobile BTS (COMBAT).

Telkomsel juga sukses menghadirkan showcase pemanfaatan teknologi 5G di sejumlah rangkaian kegiatan G20 dengan sejumlah use case.

Baca juga: Telkomsel Dapat Tambahan Pita Frekuensi 2,3 GHz Eks Berca

Use case yang dipamerkanantara lain Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) Kawasan Konservasi Hutan Mangrove, Artificial Intelligence (AI) Robot, 5G in the box, Cloud Gaming, dan 5G Holographic Communications.

“Telkomsel mengucapkan selamat kepada pemerintah dan seluruh elemen bangsa yang telah memastikan kelancaran gelaran presidensi Indonesia untuk G20," kata Nugroho.

"Kami meyakini, penyelenggaraan presidensi G20 di Indonesia dapat menginspirasi komitmen nyata setiap negara anggota G20, sesuai dengan G20 Bali Leaders' Declaration," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com