Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android TV 13 Resmi Diperkenalkan, Apa Fitur Barunya?

Kompas.com - 05/12/2022, 13:32 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Google resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) Android 13 khusus untuk televisi cerdas atau Smart TV. Android TV 13 diperkenalkan Google itu melalui situs web resmi Developer Android.

Meski sudah diperkenalkan, Android TV 13 belum akan tersedia untuk publik. Android 13 untuk TV baru tersedia untuk pengembang. Jadi, OS ini belum bisa diinstal di perangkat TV konsumen.

Di situs resminya, Google mengatakan bahwa Android 13 TV ini hadir untuk menyempurnakan pengalaman pengguna serta peningkatan dalam hal kompatibilitas. Android TV 13 juga hadir dengan peningkatan antarmuka (UI) yang lebih baru. 

Meski demikian, pembaruan di Android TV 13 terbilang cukup minim. Sebab, fokus utama dari Android TV 13 saat ini adalah untuk menyediakan API baru agar dapat dimanfaatkan oleh para pengembang untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

Baca juga: Ini Beda Smart TV dan Android TV

Misalnya, dukungan agar resolusi dan refresh rate bisa disesuaikan pengguna melalui perangkat yang dihubungkan melalui HDMI.

Selain itu, OS ini juga dilengkapi dengan dukungan penghemat daya yang lebih ditingkatkan, termasuk kemampuan untuk melakukan jeda saat memutar konten apabila sinyal HDMI berubah.

 

API lainnya yang diperbarui pada Android TV 13 yaitu API Keyboard Layouts yang memungkinkan pengembang memilih tata letak yang berbeda pada keyboard eksternal.

Peningkatan lainnya pada Android TV 13 yaitu dalam aspek privasi dan aksesibilitas. Misalnya, fungsi untuk mengontrol akses ke mikrofon melalui Google Assistant.

Sejauh ini, Android TV 13 baru tersedia untuk pengembang dengan mengakses ADT-3 Developer Kit atau menggunakan Android Emulator untuk TV. Android TV 13 untuk konsumen umum kemungkinan masih belum akan tersedia dalam waktu dekat, seperti dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (5/1/2/2022).

Baca juga: Perbedaan Set Top Box dan Android TV Box, Jangan Sampai Salah Beli

Jadi, pengguna non-pengembang yang mungkin mendapat pembaruan Android TV 13 dalam beberapa waktu ke depan, mungkin tidak akan mendapati perubahan besar karena fokusnya ke pengembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com