Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab MacBook Lemot dan dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 05/12/2022, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Para pengguna MacBook tentunya sudah mengetahui bahwa keunggulan dan nilai jual dari laptop tersebut terletak pada kecepatannya. Meski umur pemakaiannya sudah cukup lama, perangkat tersebut tetap dapat menawarkan kecepatan yang cukup sama saat pertama kali dibeli.

Kendati begitu, tidak selamanya MacBook yang digunakan tidak mengalami masalah lemot. Dilansir dari laman resmi Apple, support.apple.com, terdapat setidaknya tiga penyebab.

Penyebab yang pertama adalah disk alias media penyimpanan perangkat sudah mulai penuh. Sehingga hal ini berakibat pada performa perangkat yang tidak bisa mengolah atau memproses data dengan cepat.

Baca juga: Apple Mulai Jual MacBook Air M2 Refurbished, Harga Lebih Murah

Penyebab kedua, perangkat tengah menjalankan aplikasi yang terlalu banyak sehingga sangat menguras daya perangkat. Ketika ada banyak aplikasi yang dibuka, apalagi tidak terlalu penting, dapat menyebabkan suhu perangkat memanas dan “lag”.

Sedangkan, penyebab yang ketiga terletak pada masalah sistem operasi (OS), yaitu macOS yang sudah kadaluwarsa. Dikatakan kadaluwarsa karena pengguna tidak pernah melakukan pembaruan sistem operasi sehingga membuat perangkat “berat” dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

Namun, tidak perlu khawatir dikarenakan ketiga penyebab masalah MacBook lemot dapat diatasi dengan mudah. Berikut adalah cara-cara mengatasi permasalahan Macbook lemot, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Slash Gear, Senin (5/11/2022).

Perlu dicatat bahwa MacBook yang digunakan untuk memandu mengatasi masalah Macbook lemat adalah MacBook Pro versi macOS Ventura 13.0.1, sehingga kemungkinan besar akan ada sedikit perbedaan tampilan.

Cara mengelola media penyimpanan

Cara mengelola media penyimpanan MacBook (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)KOMPAS.com Cara mengelola media penyimpanan MacBook (KOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto)

Untuk mengetahui ruang kosong yang tersedia di media penyimpanan. Pertama-tama klik ikon “Apple” yang terletak diujung kiri atas. Pilih “About This Mac” atau (Tentang Mac Ini). Setelah dari itu akan muncul jendela baru dan pilih “More Info”.

Baca juga: Apple Perkenalkan Komputer Desktop Mac Studio dan Monitor Studio Display

Perangkat akan dipindahkan ke halaman “Settings”. Gulir layar ke bawah hingga menemukan pilihan “Storage”. Pilih “Storage Settings”. Di sana akan terdapat data yang menunjukkan sisa dari ruang kosong yang tersisa.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber SlashGear
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.