Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Microsoft Beli Penerbit Game Call of Duty Tidak Mulus

Kompas.com - 09/12/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Langkah Microsoft mengakuisisi penerbit game Activision Blizzard yang dimulai pada Januari 2022 lalu tampaknya tak berjalan mulus.

Pasalnya, Komisi Perdagangan Federal (FTC) Amerika Serikat kini menggugat Microsoft karena raksasa teknologi itu diprediksi akan menekan persaingan di industri game, bila mengakuisisi studio pembuat game Call of Duty itu.

Lebih rinci, akuisisi ini dinilai bisa membuat Microsoft menjegal persaingan dengan memblokir game dari sistem kompetitor atau memanipulasi harga, dan menurunkan kualitas game di konsol bikinan kompetitor.

Selain diduga bakal menguntungkan konsol Xbox bikinan Microsoft, gugatan itu juga menilai bahwa akuisisi Activision bisa menimbulkan keuntungan yang tidak adil dalam konsep game baru, seperti cloud gaming.

Baca juga: Punya Nintendo Switch? Sebentar Lagi Kalian Bisa Main Call of Duty

FTC menyebutkan praktik akuisisi Microsoft terhadap pengembang game ZeniMax sebagai contoh.

Setelah diakuisisi, Microsoft membuat beberapa game termasuk "Starfield" dan "Redfall" hanya eksklusif untuk perangkat Microsoft, meskipun sebelumnya perusahaan memberikan jaminan antimonopoli ke regulator di Eropa.

"Microsoft sudah menunjukkan bahwa pihaknya bisa dan akan menahan konten dari para pesaing gamenya," kata Holly Vedova, Direktur Biro Persaingan FTC, dikutip KompasTekno dari The Washington Post, Jumat (9/12/2022).

FTC sendiri melayangkan gugatan ini demi mengendalikan konsolidasi di industri teknologi AS serta mencegah praktik antimonopoli.

"Kami berupaya menghentikan Microsoft dari kemungkinan mendapat kendali atas studio game independen ternama dan memanfaatkannya untuk merusak persaingan di berbagai pasar game yang dinamis dan berkembang pesat," lanjut Vedova.

Baca juga: Akuisisi Activision Blizzard, Microsoft Perbesar Peluang di Game Mobile?

Bagi Microsoft, gugatan ini semacam batu sandungan karena bisa menggagalkan ambisi perusahaan untuk menjadi "raksasa" di dunia game.

Microsoft akuisisi Activision Blizzard, pengembang game sekaligus penerbit konten hiburan interaktif.
Microsoft Microsoft akuisisi Activision Blizzard, pengembang game sekaligus penerbit konten hiburan interaktif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.