Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bakal Tiru WeChat untuk Saingi Google

Kompas.com - 10/12/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Microsoft kabarnya berencana membuat aplikasi super atau super app. Upaya ini sedang dalam pertimbangan perusahaan guna menyaingi dominasi Apple dan Google di ranah pencarian mobile.

Menurut bocoran dari The Information, aplikasi super bikinan Microsoft akan menawarkan pengalaman belanja, pesan instan, pencarian di web, berita dan lain sebagainya. Sederhananya, aplikasi ini akan menyediakan berbagai kebutuhan harian pengguna dalam satu aplikasi.

Konsep itu mirip seperti semua fitur yang ditawarkan WeChat, aplikasi pesan instan asal China. Di aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan aneka fitur dan melakukan banyak hal, mulai dari berkirim pesan hingga belanja.

Baca juga: Elon Musk Ingin Twitter Bisa seperti TikTok dan WeChat

Adapun di Microsoft, aplikasi supernya kemungkinan akan didukung oleh mesin pencarian Bing serta aplikasi seperti Microsoft 365 atau sebelumnya dikenal sebagai aplikasi Office 365. Aplikasi lainnya yang bakal terintegrasi dengan super app Microsoft yaitu Teams untuk menunjang aktivitas panggilan video.

Ide super app sendiri datang dari CEO Microsoft, Satya Nadella. Dikutip KompasTekno dari The Information, Sabtu (10/12/2022), Nadella memerintahkan timnya mengintegrasikan Bing ke aplikasi dan layanan Microsoft lain, seperti Teams dan Outlook sebagai fondasi dari super app yang bakal dibuat.

Sejauh ini, belum ada kepastian apakah Microsoft benar-benar akan meluncurkan aplikasi super. Raksasa teknologi itu juga belum mengonfirmasi laporan ini.

Namun dengan arahan Nadella untuk membangun pondasi super app, menunjukkan indikasi rencana ini tak sekadar wacana.

Ambisi saingi Google Search

Nama Microsoft sudah tak lagi asing di dunia teknologi. Namun sebagian besar layanan Microsoft dan aplikasinya berorientasi untuk pelanggan bisnis, bukan konsumen akhir (end user).

Baca juga: Microsoft Office Pensiun, Bagaimana Nasib Ms Word, Excel, dan PowerPoint?

Nah, gagasan super app menjadi upaya Microsoft agar lebih ramah ke konsumen. Selain itu, super app juga dirancang untuk menyaingi Google sebagai mesin pencari default di banyak perangkat termasuk iPhone.

Pasalnya, Microsoft berulang kali gagal bernegosiasi dengan Apple untuk menjadikan Bing sebagai mesin pencari default di iPhone dan menggantikan Google Search, dihimpun KompasTekno dari MacRumors.

Praktik negosiasi itu konon dilakukan langsung oleh Satya Nadella dan petinggi Apple secara tertutup, sehingga tak banyak pihak internal yang mengetahui rinciannya.

Jadi, dengan adanya super app, Microsoft berharap bisa masuk ke ranah pencarian mobile guna menyaingi Google, ketimbang terus menerus bernegosiasi dengan Apple.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.