Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Earphone agar Tidak Sakit di Telinga

Kompas.com - 12/01/2023, 11:15 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Tidak hanya digunakan untuk telepon, alat dengar ini juga digunakan untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan ketika terbang.

Hingga saat ini, earphone dirancang dengan berbagai bentuk, ukuran, hingga variasi yang berbeda-beda. Jenis earphone yang banyak ditawarkan di pasaran adalah earphone berkabel dan earphone bluetooth.

Meskipun penggunaan earphone terbilang sangat mudah, akan tetapi beberapa orang menemui kendala ketika menggunakan earphone. Seperti earphone tiba-tiba terjatuh, bagian telinga sakit, kabel tertarik dengan benda-benda di sekitar, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari telinga sakit karena salah memposisikan earphone, berikut KompasTekno telah merangkum cara menggunakan earphone agar tidak sakit.

Baca juga: Apa Itu Handsfree yang Ramai Dibicarakan dan Bedanya dengan Headset, Earphone, serta Headphone?

Cara menggunakan earphone berkabel

Earphone berkabel merupakan salah satu jenis alat dengar yang paling umum dan banyak digunakan oleh pengguna teknologi. Alat ini dirancang dengan kabel yang bisa dibiarkan menjuntai dan menggantung di bagian depan atau belakang ketika digunakan.

Jika Anda menggunakan earphone ini, Anda tidak perlu takut kehilangan salah satunya sisinya. Kabel yang terhubung pada sisi kanan dan kiri memungkinkan earphone akan tetap menggantung pada perangkat yang terhubung meskipun terlepas dari kedua telinga Anda. Berikut cara menggunakan earphone berkabel agar tidak sakit.

  • Cari sisi kiri dan kanan. Pada masing-masing earphone, Anda akan menemukan tanda “L” dan “R” yang menunjukkan orientasi yang tepat
  • Pasang earphone dan tempatkan earphone sesuai dengan cekungan berongga yang ada di tengah daun telinga Anda
  • Tarik sedikit daun telinga untuk memposisikan earphone agar bisa duduk dengan nyaman dan pas
  • Pastikan kabel menjuntai ke bawah untuk diatur pada tahap selanjutnya
  • Atur kabel dengan memposisikannya di depan atau di belakang sesuai dengan preferensi dan kenyamanan Anda

Baca juga: Earphone TWS Apple yang Bisa Dipakai Android Segera Masuk Indonesia?

Cara menggunakan earphone bluetooth

Earphone bluetooth merupakan earphone yang dirancang dengan kepraktisan yang luar biasa. Pasalnya, pengguna tidak perlu menancapkan kabel earphone pada perangkat yang akan digunakan.

Untuk menggunakan earphone bluetooth ini, pengguna hanya perlu menghubungkan earphone ke perangkat melalui bluetooth. Model earphone ini sudah banyak diproduksi di pasaran dengan berbagai variasi dan ukuran.

Bahkan beberapa diantaranya dirancang dengan bantalan yang bisa melindungi telinga Anda dan membuat earphone bisa duduk tenang di telinga.

Cara menggunakan earphone bluetooth tidak jauh berbeda dengan ketika Anda menggunakan earphone berkabel. Anda hanya perlu memastikan bahwa earphone telah terpasang dengan nyaman dan berada di celah lipatan telinga agar tidak jatuh. Berikut cara menggunakan earphone Bluetooth agar tidak sakit.

  • Cari sisi kiri dan kanan. Pada masing-masing earphone, Anda akan menemukan tanda “L” dan “R” yang menunjukkan orientasi yang tepat
  • Pasang earphone dan tempatkan di telinga senyaman mungkin. Pastikan bahwa earphone telah terpasang dengan pas di concha telinga Anda
  • Tambahkan aksesoris seperti pengait telinga jika Anda kesulitan ketika memasang earphone dan berulang kali terlepas dari telinga Anda

Baca juga: Ini Perbedaan Earphone, Headset, dan Headphone

Selain tips menggunakannya agar tetap nyaman sebaiknya Anda juga tetap merawat perangkat earphone dengan baik.

Selengkapnya 5 cara merawat earphone yang benar agar tidak mudah rusak.  Itulah cara menggunakan earphone berkabel dan bluetooth agar tidak sakit. Semoga membantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.