Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 16 Pro Punya Sensor Face ID di Bawah Layar?

Kompas.com - 13/01/2023, 17:05 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - iPhone 15 belum diumumkan oleh Apple. Namun, rumor soal iPhone 16 sudah mencuat di dunia maya.

Seperti iPhone 14 series, iPhone 16 juga diyakini akan hadir dalam model reguler dan Pro. Nah, untuk iPhone 16 Pro, Apple disebut akan melengkapi ponsel tersebut dengan fitur Face ID di bawah layar.

Artinya, Apple kamera dan sejumlah sensor penunjang FaceID iPhone 16 Pro tersebut tidak akan tampak di bagian depan perangkat. 

Menurut outlet media Korea Selatan, The Elec, Apple akan mulai memindahkan sejumlah komponen penunjang Face ID ke bawah layar iPhone pada tahun 2024.

The Elec juga menyebut bahwa Apple akan tetap mempertahankan poni atau notch di iPhone 16 Pro walaupun sensor Face ID dipindahkan ke bawah layar. 

Baca juga: Ikuti Eropa, iPhone di India Juga Wajib Pakai USB-C

Kabar lain mengatakan bahwa jika pemindahan Face ID ke bawah layar ini sukses dan mendapat respons positif dari pasar, barulah Apple akan mengilangkan notch atau dynamic island sehingga tampilan ponsel didominasi layardihimpun KompasTekno dari MacRumors, Jumat (13/1/2023).

Analis pasar Ross Young, pernah mengatakan bahwa Apple akan menyuguhkan teknologi layar baru atau teknologi lainnya pada model Pro setiap tahun, guna membedakannya dengan model non-Pro.

Praktik itu sama seperti duo iPhone 14 Pro yang dibekali poni layar canggih bertajuk Dynamic Island, sedangkan model non-Pro (iPhone 14 dan iPhone 14 Plus) masih mengusung layar berponi seperti iPhone 13 series.

Rumor soal Face ID di bawah layar sendiri sebenarnya sudah mencuat bahkan sebelum iPhone 14 dirilis Apple. Pada April 2022, analis yang kerap membocorkan produk Apple, Ming-Chi Kuo menyatakan bahwa iPhone layar penuh akan hadir pada tahun 2024 atau untuk iPhone 16.

Baca juga: Pakai Kadal yang Pura-pura Mati, Cara Apple Kenalkan Fitur iMessage

Saat itu Kuo mengeklaim kalau iPhone 16 akan dibekali kamera selfie bawah layar dan Face ID di bawah layar pula.

"Saya kira iPhone layar penuh yang sesungguhkan akan hadir pada tahun 2024. iPhone kelas atas tahun 2024 akan mengadopri kamera depan bawah layar serta Face ID di bawah layar," cuit Kuo melalui akun Twitter pribadinya berhandle @mingchikuo.

Adapun Apple belum memberikan kabar apapun soal iPhone 16.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.