Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Kompas.com - 15/01/2023, 10:02 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Salah satu komponen dalam ponsel yang seringkali mengalami kerusakan adalah speaker. Umumnya, permasalahan ini disebabkan karena speaker terendam oleh air, sehingga merusak komponen di dalamnya.

Akan tetapi, hal ini juga tidak bisa Anda hindari ketika tiba-tiba terjebak dalam hujan lebat di tengah jalan saat berkendara dan tanpa persiapan apapun. Sementara ponsel Anda di saku.
Beberapa orang memang berhasil ketika mengeluarkan air yang meredam speaker.

Namun, tidak semua air bisa keluar dari ponsel mereka. Titik-titik air bisa jadi terperangkap di dalam kisi speaker dan tidak bisa keluar kecuali dikeluarkan paksa. Speaker yang tersumbat air biasanya menghasilkan suara yang terdistorsi atau menghasilkan suara yang rusak.

Jika air tidak dikeluarkan sesegera mungkin masalah yang serius bisa terjadi pada perangkat keras Anda. Untuk mengeluarkan titik-titik air tersebut, berikut KompasTekno telah merangkum cara mengatasi speaker yang kemasukan air.

Baca juga: Tips Membersihkan Speaker iPhone dari Air dan Debu dengan Mudah

Segera lakukan pertolongan pertama

Hal pertama yang bisa Anda lakukan ketika ponsel kemasukan air adalah mematikan perangkat. Keluarkan kartu SIM, kartu memori, dan baterai (jika bisa dilepas) agar permasalahan yang serius tidak merambat ke komponen-komponen penting.

Bersihkan bagian-bagian ponsel yang basah menggunakan kain kering dan bersih. Disarankan menggunakan kain microfiber untuk meminimalisir goresan pada perangkat.

Miringkan ponsel yang memungkinkan speaker menghadap ke bawah dan goyangkan perlahan untuk menghilangkan tetesan air.

Hindari mengisi daya ponsel atau menghubungkan ponsel ke listrik apapun sebelum semua air benar-benar keluar dari ponsel Anda.

Gunakan aplikasi pihak ketiga

Beberapa perangkat memiliki fitur untuk mengeluarkan air yang sudah terpasang pada perangkat masing-masing. Ketika diaktifkan, fitur tersebut bisa memainkan suara dalam frekuensi tertentu yang bisa memicu air dalam perangkat keluar.

Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mengunduhnya pada aplikasi Play Store bagi pengguna Android.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.