Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Kegunaan ScanDisk pada Komputer

Kompas.com - 21/01/2023, 03:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Sebuah perangkat teknologi, baik komputer, laptop, smartphone, maupun tablet, memiliki beberapa komponen yang bekerja dengan mendukung fungsinya satu sama lain.

Komponen-komponen dalam sebuah perangkat teknologi, tidak hanya digunakan untuk menunjang pekerjaan pengguna. Akan tetapi, beberapa komponen di dalamnya juga bekerja untuk memeriksa dan memperbaiki sistem yang dimiliki oleh perangkat teknologi tersebut.

Komponen tersebut diwujudkan dalam sebuah program yang didesain khusus untuk melakukan pencegahan kesalahan dan virus yang terdapat dalam file komputer, seperti halnya ScanDisk.

Lantas apa itu ScanDisk? Untuk mengetahui lebih jauh mengenai pengertian dan kegunaan ScanDisk, berikut KompasTekno telah merangkum untuk Anda.

Baca juga: Cara Melihat Password WiFi di PC dan Laptop Windows

Pengertian ScanDisk

Dilansir dari Computer Hope, ScanDisk adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk memeriksa hard drive atau drive disket floppy untuk setiap kesalahan disk.

Ketika dalam sebuah komputer terjadi kesalahan, ScanDisk akan menandai bagian disk tersebut untuk membantu mencegah informasi agar tidak ada masalah yang lebih serius. Di dalam ScanDisk, pengguna dapat memilih drive mana yang ingin diperiksa atau memeriksa seluruhnya.

Setelah ScanDisk melakukan pemeriksaan, pengguna akan mendapat laporan mengenai kemajuan keseluruhan drive yang dimiliki, apakah terdapat masalah di dalamnya atau tidak dan lain sebagainya.

Kegunaan ScanDisk

ScanDisk bekerja untuk meningkatkan kinerja pada hard drive perangkat. Perangkat lunak ini membantu menjaga sistem file Windows dari semua kerusakan akibat aktivitas dalam perangkat komputer.

Ketika Anda ingin melakukan pemindaian atau memeriksa disk pada perangkat komputer atau laptop, pastikan bahwa Anda sudah menutup semua program yang terbuka. Seperti browser, web, file dokumen, dan berbagai program lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa disk berada dalam aktivitas minimal ketika dipindai atau dicek. Apabila Anda menggunakan Windows versi lama, seperti Windows 95, 98, dan ME, lakukan boot komputer ke safe mode sebelum menjalankan ScanDisk.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.