Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone 15 Pro Diramal Tidak Punya Tombol Fisik, Diganti Teknologi dari iPhone 7

Kompas.com - 17/01/2023, 13:30 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Apple disebut akan mulai meninggalkan tombol fisik sepenuhnya pada 2023 ini. Ponsel yang diyakini tidak akan lagi punya tombol fisik ini adalah iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max yang kemungkinan bakal meluncur sekitar akhir tahun mendatang.

Prediksi ini muncul dari analis kenamaan, Ming-Chi Kuo. Ia kerap memprediksi produk-produk Apple dengan tepat. Prediksi tersebut diunggah melalui akun Twitter pribadinya dengan handle @mingchikuo.

Menurut Kuo, tombol volume dan power di iPhone 15 Pro dan Pro Max akan diganti dengan solid-state. Dengan teknologi Taptic Engines, pengguna akan mendapat feedback berupa getaran saat menyentuh "tombol" tersebut.

Baca juga: Ponsel Ini Punya Dynamic Island seperti iPhone 14 Pro, Harga Rp 2 Juta

“Survei terbaru saya menunjukkan bahwa model iPhone 15 kelas atas akan membawa tombol solid-state dan akan dilengkapi dengan Taptic Engine untuk mensimulasikan nuansa umpan balik kekuatan tombol fisik,” tulis Kuo.

Taptic Engine sendiri digunakan di iPhone 7 series dulunya dibekali tombol home dengan Taptic Engines. Jadi, saat pengguna menyentuh tombol home, akan muncul getaran yang memberi kesan "klik" saat menekan tombol.

Belum diketahui lebih lanjut bagaimana bentuk detail tombol yang diusung. Sebab, jika dibandingkan dengan iPhone 7 series, tombol home yang diusung memiliki model cekung ke dalam.

Tombol mekanik umumnya memiliki bentuk sedikit menonjol dan jika dipencet akan mengeluarkan bunyi “klik”. Sedangkan, tombol solid-state tidak memiliki tonjolan dan bunyi apapun. Pengguna hanya dapat merasakan getaran saja saat menyentuh tombol.

Baca juga: 2 Miliar iPhone Sudah Terjual Sejak Pertama Dirilis Tahun 2007

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Selasa (17/1/2023), jika prediksi tersebut benar dan sesuai, Cirrus Logic bakal menjadi perusahaan yang meraup benyak keuntungan dari perombakan desain iPhone tersebut.

Pasalnya, Cirrus Logic merupakan perusahaan pemasok utama komponen IC Taptic Engines untuk solid-state.

Kuo juga menduga apabila pengguna menyambut desain tersebut dengan antusias, ada kemungkinan perusahaan lain, seperti Android, bakal mengusung desain tombol yang serupa.

“Jika konsumen (memberi) respons yang baik untuk desain baru ini, saya pikir (desain) itu juga akan diadopsi oleh ponsel kelas atas lain di masa mendatang,” tutup Kuo.

Namun, perlu dicatat bahwa penjelasan di atas sifatnya baru prediksi dan bisa ada peluang berubah di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com