Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iTunes Bersiap Pamit dari Windows, Ini Aplikasi Penggantinya

Kompas.com - 17/01/2023, 09:45 WIB
Penulis Lely Maulida
|

KOMPAS.com - Aplikasi Apple Music dan Apple TV diam-diam tersedia di Microsoft Store atau toko aplikasi untuk perangkat berbasis sistem operasi (OS) Windows.

Ketersediaannya sebenarnya belum diumumkan resmi oleh Apple, karena aplikasinya juga baru terlihat di Microsoft Store sebagai aplikasi preview atau beta untuk Windows 11.

Aplikasi Apple Music dan Apple TV yang ada di Microsoft Store cukup mirip dengan di macOS. Hanya saja, Apple memberikan sedikit modifikasi, khususnya dalam hal fungsionalitas aplikasi.

Apple TV berfungsi seperti aplikasi Smart TV yang memungkinkan pengguna mengakses Apple TV Plus dan Apple TV Channel, film dan acara TV dari iTunes Store. Sementara Apple Music di Windows menawarkan pengalaman yang hampir sama, hanya saja Apple Music di Windows tidak didukung fitur lirik.

Selain Apple Music dan Apple TV, ada pula aplikasi beta yang disebut Apple Devices di Microsoft Store. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengatur berbagai perangkat Apple dari komputer atau laptop berbasis Windows.

Baca juga: Pengguna Apple Music Kini Bisa Putar Lagu Sambil Karaoke

Aplikasi ini juga berperan menggantikan iTunes, sehingga bisa dipakai pengguna untuk sinkronisasi, back up atau memulihkan firmware tanpa perlu aplikasi iTunes sebelumnya.

Ketiga aplikasi di atas akan berjalan di OS Windows 11 versi 22621.0 atau lebih baru. Menurut Microsoft, memasang ketiga aplikasi tadi akan mencegah berjalannya aplikasi iTunes versi Windows. Jadi, pengguna disarankan untuk menghapus aplikasi iTunes lawas karena sudah digantikan dengan aplikasi Apple Devices yang lebih baru.

Mengingat aplikasinya masih tersedia dalam versi beta, ketersediaan ketiga aplikasi itu juga masih terbatas bagi pengguna di Amerika Serikat saja, dihimpun KompasTekno dari blog resmi Microsoft Windows, Selasas (17/1/2023).

Aplikasi iTunes sendiri memang dihapus oleh Apple. Penghapusan iTunes versi Windows menandai riwayat terakhir aplikasi karena Windows menjadi platform terakhir yang masih mendukung aplikasi tersebut.

Kendati dihapus, Apple masih menyediakan pustaka musik bagi pengguna Windows melalui akses ke Apple Music.

Baca juga: Apple Resmi Pensiunkan iTunes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.