Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Dampak Negatif Media Sosial di Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 24/01/2023, 18:00 WIB
Penulis Soffya Ranti
|

KOMPAS.com - Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) memberikan kemajuan untuk sarana kehidupan sehari-hari. Salah satunya perkembangan informasi dan komunikasi. Hal ini didukung dengan semakin masifnya media sosial yang hadir di kehidupan kita.

Dilansir dari situs Social Media Victims, media sosial merupakan bentuk komunikasi elektronik yang mengacu pada sarana interaksi pengguna. Di media sosial pengguna dapat membuat, berbagi, dan bertukar informasi dan ide dalam komunitas dan jaringan virtual.

Saat ini media sosial menjadi media komunikasi, kreativitas, hingga sarana alat bisnis yang luar biasa. Meskipun demikian tak hanya dampak positif yang ditimbulkannya. Bak pisau bermata dua, media sosial juga memiliki dampak negatif pada kehidupan sehari-hari. 

Apa saja itu? Selengkapnya rangkuman mengenai beberapa dampak negatif media sosial bagi kehidupan manusia.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif IPTEK

Menurunnya kualitas kehidupan sosial

Maraknya bermunculan beragam media sosial membuat pengguna kini lebih banyak menghabiskan waktunya pada perangkat elektronik. Pengguna cenderung terpaku pada beragam konten yang bertebaran di media sosial. Akibatnya media sosial menjadi adiktif.

Semakin banyak seseorang menghabiskan waktu di media sosial, semakin besar kemungkinan mengalami penurunan kualitas dalam hubungan pribadi dengan orang terdekat. Hal ini juga diperparah dengan beragam konten yang secara tidak langsung dapat menimbulkan perbandingan sosial yang memicu depresi hingga frustasi.

Kesehatan fisik

Terlalu lama memandang gawai dan perangkat elokronik tentu akan mempengaruhi kesehatan fisik. Menatapsmartphone terlalu lama tentu akan mengganggu kesehatan seperti mata kering, mual, pusing, hingga miopi. Tak hanya itu hal lain yang terjadi adalah mempengaruhi pegal hingga sakit leher.

Kesehatan mental

Munculnya beragam konten di media sosial secara tak sadar terkadang membuat pengguna merasakan perbandingan sosial. Media sosial dapat membangkitkan perasaaan iri yang mengarah pada depresi dan kecemasan pada individu. Tentu hal ini berpotensi menyebabkan penurunan kesejahteraan psikologis.

Kemananan data

Munculnya beragam media sosial membuat pengguna kini tak hanya memiliki satu akun media sosial. Hal ini yang membuat pengguna semakin mudah menyebarkan data pribadi yang berpeluang menimbulkan kejahatan siber. Salah satunya pencurian data pribadi hingga berkurangnya privasi pengguna.

Baca juga: 4 Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi dari Kejahatan Siber

Mudahnya terpapar hoax

Hoax menjadi salah satu masalah yang masih saja sulit dibendung. Semakin bertebarannya media sosial dan masifnya penyebaran berita membuat pengguna kurang teliti dalam menerima dan mengolah berita yang diterima.

Akibatnya berita hoax cepat tersebar dan bisa jadi dapat menimbulkan kejadian yang fatal. Contoh saja informasi lowongan kerja yang kurang akurat dan justru menimbulkan penipuan.

Potensi terjadinya cyberbullying

Siapa sangka media sosial yang tidak digunakan dengan bijak dapat menimbulkan kejahatan tersendiri. Salah satunya terjadi cyberbullying yang marak terjadi di lingkungan anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Baca juga: Apa itu Cyberbullying, Dampak dan Cara Mengatasi

Itulah beberapa dampak negatif media sosial di kehidupan sehari-hari. Maka dari itu pengguna diharapkan dapat memanfaatkan beragam media sosial dengan baik dan bijak agar meminimalisir paparan efek negatif media sosial. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.