Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Xiaomi 12 Semakin Murah, Kini Turun Lagi Rp 1 Juta

Kompas.com - 30/01/2023, 12:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Harga Xiaomi 12 semakin murah. Awal bulan Januari kemarin, Xiaomi memangkas harga Xiaomi 12 dari Rp 9.999.000 menjadi Rp 8.999.000.

Akhir bulan Januari ini, vendor asal China itu kembali menurunkan harga Xiaomi 12 menjadi Rp 7.999.000 untuk satu-satunya varian yang tersedia, yakni RAM 8/256 GB.

Jadi, harga Xiaomi 12 saat ini dipangkas sekitar Rp 2 jutaan dibanding harga peluncurannya awal tahun lalu. Xiaomi 12 harga terbaru ini mulai berlaku per tanggal 25 Januari 2023, sebagaimana keterangan resmi Xiaomi yang diperoleh KompasTekno, Minggu (29/1/2023).

Xiaomi 12 harga baru ini bisa dibeli di situs resmi Xiami di mi.co.id atau official store (toko resmi) di marketplace rekanan Xiaomi.

Baca juga: Beda Rp 4 Jutaan, Ini Perbandingan Spesifikasi Xiaomi 12 Lite dan Xiaomi 12

Spesifikasi Xiaomi 12

Xiaomi 12 dirilis hampir setahun lalu di Indonesia, tepatnya bulan April 2022. Ponsel flagship ini memiliki layar Super AMOLED dengan diagonal layar 6,28 inci.

Layar tersebut mendukung resolusi Full HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 480 Hz. Selain itu, layar ini memiliki tingkat kecerahan (brightness) maksimum 1.100 nits, rasio aspek 20:9, kerapatan piksel 419 ppi, dan sudah dilindungi oleh kaca pelindung Corning Gorilla Glas Victus.

Untuk sistem keamanan perangkat, tertanam sensor pemindai sidik jari di dalam layar Super AMOLED Xiaomi 12. Di sisi depan, terdapat punch hole untuk "rumah" kamera depan beresolusi 32 MP (f/2.45).

Lubang itu persis berada di tengah atas "dahi" layar. Kemudian, untuk kamera belakang, terdapat tiga sensor yang tersusun vertikal, di mana satu sensor besar di atas dan dua sensor lebih kecil di bawah, bersebelahan dengan LED flash.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro

Tampilan modul kamera belakang Xiaomi 12. Di bagian atas kiri punggung ponsel, terdapat sebuah modul persegi yang menampung tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera telemakro 5 MP.

Ketiga kamera ini disusun secara simetris agar tampil secantk mungkin, dan modul kameranya sendiri tidak rata dengan cangkang ponsel, sehingga akan sedikit mengganggu apabila sisi ini diletakkan di permukaan datar.Kompas.com/BILL CLINTEN Tampilan modul kamera belakang Xiaomi 12. Di bagian atas kiri punggung ponsel, terdapat sebuah modul persegi yang menampung tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera telemakro 5 MP. Ketiga kamera ini disusun secara simetris agar tampil secantk mungkin, dan modul kameranya sendiri tidak rata dengan cangkang ponsel, sehingga akan sedikit mengganggu apabila sisi ini diletakkan di permukaan datar.

Tiga kamera belakang itu yang terdiri dari kamera utama (wide) 50 MP (f/1.88), kamera ultrawide 13 MP (f/2.4, 123 derajat), dan kamera telemakro 5 MP (f/2.4) dengan jarak potret 3-7cm.

Xiaomi 12 ditenagai chip Snapdragon 8 Gen 1, system on chip (SoC) Qualcomm yang masih cukup baru saat ponsel ini pertama kali dirilis. Chipset ini dipadu dengan RAM 8 GB dan penyimpanan media 256 GB.

Pengguna tidak dapat memperluas penyimpanan karena smartphone ini tidak menyediakan slot microSD. Xiaomi 12 sudah menjalankan sistem operasi Android 12 yang dilapisi antarmuka MIUI 13.

Ponsel ini ditopang oleh baterai 4.500 mAh yang sudang mendukung teknologi pengisian daya cepat Turbo 67 watt dengan kabel, dan 50 watt secara nirkabel (wireless).

Fitur lainnya yang turut dibawa Xiaomi 12 meliputi dukungan jaringan 5G, NFC, speaker ganda berteknologi Dolby Atmos besutan Harman/Kardon, dual SIM, bluetooth 5.2, WiFi 6/6E, serta USB Type-C.

Untuk menjaga suhu ponsel tetap stabil, Xiaomi 12 turut dibekali sistem pendingin LiquidCool.
Xiaomi 12 memiliki dimensi bodi 152,7mm (tinggi) x 69,9mm (lebar) x 8,16mm (ketebalan), serta bobot 180 gram.

Ada tiga warna yang tersedia, yakni Gray, Purple, dan Blue. Namun, mengingat ponsel ini sudah cukup lama dirilis, ada kemungkinan tersisa beberapa warna tertentu saja di pasaran.
Spesifikasi 12 lebih rinci bisa disimak di artikel "Tabel Spesifikasi dan Harga Xiaomi 12 di Indonesia". Untuk melihat Xiaomi 12 dari segala sisi, bisa menyimak unboxing dan hands-on di artikel "Unboxing dan Hands-on Xiaomi 12"

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com