Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Dampak Positif Penggunaan Media Sosial di Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 30/01/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Media sosial saat ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak hanya sebagai media refreshing semata, media sosial kini menjadi penunjang utama berbagai aspek kehidupan. Mulai dari sosial, ekonomi, hingga pendidikan.

Beragam fitur media sosial ini tentu memberikan kemajuan untuk menunjang berbagai bidang. Salah satunya dalam bidang ekonomi. Melalui media sosial pelaku usaha kini lebih mudah dan luas menjangkau konsumen. 

Tak hanya itu, dilansir dari Simpli Learn berikut rangkuman beberapa dampak positif media sosial di kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Orang Indonesia Makin Gemar Belanja Online lewat Media Sosial, Terbanyak di TikTok Shop

Kehidupan sosial

Ilustrasi InstagramSouvik Banerjee Ilustrasi Instagram

Media sosial tentu berperan besar memberikan dampak positif bagi kehidupan sosial. Jejaring sosial membuat masyarakat kini lebih mudah mengenal satu sama lain. Masyarakat lebih cepat terhubung dan komunikasi tentu lebih cepat dan efisien.

Media sosial juga memberikan masyarakat lebih sadar mengenai berbagai masalah sosial. Contoh saja banyak berbagai influencer maupun tokoh publik yang kerapkali menyuarakan mengenai masalah lingkungan, kesetaraan gender, dan lain sebagainya.

Bidang ekonomi

Ilustrasi belanja online di e-commerce 

Dok. Shutterstock/Rawpixel.com Ilustrasi belanja online di e-commerce

Berkembangnya media sosial tentu memberikan pengaruh luar biasa khususnya pada dunia bisnis. Banyaknya platform media sosial memberikan perusahaan lebih mudah menjangkau konsumen.

Bagi pelaku usaha media sosial menjadi bagian penting untuk terhubung dengan pelanggan dan membangun citra produk. Melalui media sosial bentuk pemasaran kini mulai merambah secara digital atau biasa awam dikenal sebagai digital marketing. 

Selain itu perkembangan media sosial juga berpengaruh dengan munculnya beragam industri baru dan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak. Hal ini menjadi satu kemajuan luar biasa untuk perkembangan ekonomi. 

Baca juga: Pengertian E-Commerce beserta Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Bidang pendidikan

Ilustrasi buku digital atau e-bookKOMPAS.com/Gischa Prameswari Ilustrasi buku digital atau e-book

Berkembangnya media sosial memberikan kemudahan masyarakat dalam mengakses informasi. Media sosial juga masif dalam menyediakan berbagai situs dan konten-konten terkait pendidikan.

Sehingga pelajar menjadi lebih mudah belajar di mana saja dan kapan saja. Serta sekaligus mudah dalam mendistribusikan beragam ilmu.

Sarana refreshing diri

Ilustrasi TikTok.Freepik Ilustrasi TikTok.

Munculnya beragam media sosial membuat pengguna lebih bervariasi berekspresi. Anda menjadi lebih mudah mengakses beragam aplikasi hiburan untuk membuat beragam konten. Tentu hal ini menjadi sarana rekreasi tersendiri bagi beberapa pengguna.

 

Contoh saja bermunculan aplikasi TikTok, YouTube, Instagram, dan lainnya yang berisi berbagai hiburan. Mulai dari musik, film, dan lain sebagainya.

Baca juga: Ramai Konten Nenek Mandi Lumpur, Kominfo Tunggu Surat Kemensos, TikTok Imbau Report

Itulah beberapa dampak positif media sosial di kehidupan sehari-hari. Meski pengaruh positif media sosial membantu berbagai aspek kehidupan kita, adakalanya pengguna tetap bijak dalam menggunakannya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com