Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER TEKNO] TikTok Hapus Video Nenek Mandi Lumpur | Android 14 Bakal Lebih Susah Dipakai Sideload APK | SAP PHK 3.000 Karyawan

Kompas.com - 28/01/2023, 07:00 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu berita teknologi yang populer sepanjang Jumat (27/1/2023) adalah dihapusnya konten video nenek mandi lumpur yang viral di TikTok. TikTok Indonesia menghapus konten tersebut atas permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Selain soal dihapusnya konten nenek mandi lumpur, ada pula berita lain soal Android 14 yang kabarnya bakal leih sudah dipakai sideload APK. Kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) yang seakan belum berhenti, juga masih menjadi sorotan pembaca.

Kali ini giliran perusahaan software SAP yang mem-PHK ribuan karyawannya. Selengkapnya, berikut rangkuman berita teknologi populer yang dirangkum KompasTekno sepanjang Jumat (27/1/2023).

Baca juga: [POPULER TEKNO] Pendiri Google Turun Gunung Lawan ChatGPT | Ada Jamur Cordyceps Saat Googling Serial The Last of Us | Curhatan Mantan Karyawan Google yang Viral di TikTok

TikTok hapus konten video mandi lumpur

TikTok resmi menghapus (take down) konten video nenek mandi lumpur yang belakangan viral di dunia maya.

Perwakilan TikTok Indonesia mengatakan penghapusan konten ini dilakukan setelah mendapat permintaan take down dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Kami telah menerima permintaan take down dari Kominfo dan telah melaksanakan tindakan yang sesuai," ujar Perwakilan TikTok Indonesia ketika dihubungi KompasTekno, Jumat (27/1/2023).

Lantas, apa yang menjadi dasar Kominfo meminta TikTok menghapus konten tersebut?
Jawabannya ada di artikel "TikTok Resmi Hapus Video Nenek Mandi Lumpur atas Permintaan Kominfo".

Baca juga: Pengguna TikTok Kini Bisa Kirim DM ke Siapa Saja, Tak Harus Saling Follow

Android 14 bakal lebih sulit dipakai sideload APK

Google kabarnya sedang merancang sistem operasi Android 14 dengan aturan yang lebih ketat. Aturan itu konon akan mempersulit pengguna untuk melakukan sideload atau menginstal aplikasi di luar Google Play Store.

Tujuannya adalah agar pengguna tidak mengunduh aplikasi versi lawas ke perangkat. Penjelasan selengkapnya ada di artikel "Android 14 Bakal Lebih Susah Dipakai Sideload APK".

Baca juga: Pre-order Samsung Galaxy S23 di Indonesia Dibuka 2 Februari

Apple rilis kode penting komputer Lisa

Komputer pribadi pertama Apple diperkenalkan ada 19 Januari 1983. Nah, untuk memeringati hari lahir Lisa ke-40, Museum Sejarah Komputer (Computer History Museum) di California, Amerika Serikat (AS), merilis kode sumber (source code) komputer Lisa, serta software dan sistem yang menjalankannya.

Apabila ingin mengunduh kode tersebut, ada sejumlah syarat yang harus dipatuhi.
Syarat dan penjelasan lengkapnya bisa disimak di artikel "Apple Rilis Kode Penting Lisa, Komputer Pertama Apple yang Meluncur 40 Tahun Lalu".

Baca juga: Tanda-tanda Toko Fisik Apple Store Segera Hadir di Malaysia

Pasar smartphone dunia anjlok, terburuk dalam sejarah

Pasar smartphone dunia tengah mengalami kemerosotan. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari firma riset pasar ponsel International Data Corporation (IDC).

Menurut laporan IDC, jumlah pengiriman (shipment) ponsel di dunia yang hanya mencapai 300,3 juta unit pada kuartal keempat (Q4) 2022, turun 18,3 persen dari periode yang sama tahun 2021.

Angka 18,3 persen tersebut menandai penurunan jumlah pengiriman smartphone dalam satu kuartal terburuk sepanjang sejarah. Simak analisis IDC di artikel "Pasar Smartphone Dunia Merosot Tajam, Terburuk dalam Sejarah".

Baca juga: 5 Dampak Positif Perkembangan IPTEK bagi Kehidupan Manusia

Perusahaan software SAP PHK 3.000 karyawan

Gelombang PHK masih belum berhenti. Kali ini giliran perusahaan software asal Jerman, SAP yang memangkas sekitar 3.000 karyawannya.

Jumlah itu setara dengan 2,5 persen dari total tenaga kerja perusahaan. Keputusan ini diumumkan SAP dalam laporan keuangan perusahaan untuk kuartal IV-2022. Alasan PHK massal SAP bisa disimak di artikel "Perusahaan Software SAP PHK 3.000 Karyawan".

Baca juga: Diumumkan Hari ini, Begini Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Petugas Media Center Haji 2023

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com