Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “TYSM”, Bahasa Gaul yang Sering Digunakan di Medsos

Kompas.com - 02/02/2023, 14:30 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul di medsos (media sosial) tak terhitung lagi jumlahnya. Dari beberapa bahasa gaul di medsos yang ada, salah satunya yang cukup sering digunakan adalah kata “TYSM”. Sebagian dari Anda mungkin sudah sering menjumpai kata ini nongol di medsos.

Baca juga: Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata Maskara atau “Mascara” yang Tengah Viral di TikTok

Kata TYSM sering dipakai di berbagai platform medsos seperti Instagram, TikTok, dan Twitter. Di platform-platform tersebut, TYSM biasa digunakan semacam sebagai penutup pada kalimat atau pesan tertentu.

Sebagai contoh, penggunaan TYSM yang diletakkan sebagai penutup kalimat atau pesan tertentu bisa dilihat lewat salah satu unggahan twit dari akun base dengan handle @convomfs, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengirim meminta saran ke pengguna lain tempat yang bisa dikunjunginya saat berada di sebuah wilayah. Di akhir kalimat permintaan saran tersebut, terdapat kata TYSM.

Contoh lain penggunaan TYSM yang diletakkan sebagai penutup kalimat juga dapat dilihat melalui unggahan twit dari akun dengan handle @liaculous. Pada twit di bawah ini, kata TYSM muncul setelah kalimat untuk meminta bantuan retweet atau like pada pengguna lain.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi pengguna yang memakai kata TYSM untuk dijadikan sebagai penutup kalimat. Lantas, sebagai bahasa gaul di medsos, artinya TYSM apa? Begini penjelasan arti TYSM yang sering digunakan di medsos.

Arti TYSM yang sering digunakan di medsos

TYSM pada dasarnya bukan kata atau istilah yang berasal dari bahasa Indonesia. TYSM juga bukanlah kata tunggal yang memiliki satu makna. Sejatinya, TYSM adalah salah satu kosakata bahasa gaul atau slang dalam bahasa Inggris.

Dikutip dari laman Urban Dictionary, TYSM merupakan akronim atau singkatan dari istilah “thank you so much”. Seperti yang mungkin cukup umum diketahui, “thank you so much” atau disingkat TYSM artinya adalah terima kasih banyak.

Lantaran singakatan dari “thank you so much”, tak heran bila cukup banyak pengguna di medsos yang memakai TYSM untuk diletakan pada penutup kalimat sebagai ucapan terima kasih karena sudah menanggapi atau merespons unggahannya.

Baca juga: Arti Kata “Barcode” yang Sering Dipakai di Medsos buat Kode Kondisi Kesehatan Mental

Jadi, bila di medsos terdapat unggahan yang disertai kata TYSM, itu dapat diartikan sebagai ucapan terima kasih dari pengunggah. Demikianlah penjelasan arti TYSM yang sering digunakan di medsos, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com