Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Kelebihan Kamera 200 MP Milik Samsung Galaxy S23 Ultra

Kompas.com - 04/02/2023, 16:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Samsung Galaxy S23, Galaxy S23 Plus, dan Galaxy S23 Ultra resmi debut secara global pada Kamis (2/2/2023). Trio flagship teranyar Samsung itu diperkenalkan dalam ajang Galaxy Unpacked 2023.

Dari tiga ponsel yang ditelurkan, Samsung Galaxy S23 Ultra menjadi model dengan spesifikasi yang paling mumpuni.

Di Galaxy S23 Ultra inilah Samsung untuk pertama kalinya membenamkan kamera utama beresolusi 200 MP. Resolusi tersebut naik kelas dari kamera utama Galaxy S22 Ultra yang sebesar 108 MP.

Lantas, apa saja keunggulan kamera utama 200 MP pada Samsung Galaxy S23 Ultra tersebut?

Pakai sensor Isocell HP2

Mobile Experience Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mendefinisikan kamera 200 MP pada Samsung Galaxy S23 Ultra sebagai kamera yang belum ada lawannya saat ini.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy S23 Ultra, HP Samsung Pertama Berkamera 200 MP

"Saat ini, kamera 200 MP Galaxy S23 Ultra belum ada yang bisa menandingi," kata Verry di sela-sela rangkaian acara Galaxy Unpacked 2023 untuk wilayah Asia Tenggara dan Oseania di Singapura.

Mobile Experience Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menjelaskan soal Galaxy S23 series dalamrangkaian acara Galaxy Unpacked 2023 di Singapura, Rabu (1/2/2023).KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Mobile Experience Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus menjelaskan soal Galaxy S23 series dalamrangkaian acara Galaxy Unpacked 2023 di Singapura, Rabu (1/2/2023).
Pasalnya, kata Verry, kamera 200 MP tersebut sudah menggunakan sensor kamera paling baru bikinan Samsung, yaitu Isocell HP2.

Sensor kamera yang mendukung resolusi hingga 200 MP tersebut merupakan sensor 1/1,3 inci dengan ukuran piksel sebesar 0,6 mikrometer (μm).

Ukuran piksel Isocell HP2 tersebut sudah lebih kecil dibanding Isocell HP1 (2021) yang sebesar 0,64 mikrometer. Berkat ukuran pikselnya yang lebih kecil, Isocell HP3 memungkinkan ponsel memiliki kamera mumpuni dengan resolusi tinggi.

Sensor gambar Isocell HP2 ini dibekali beragam teknologi yang memungkinkan pengguna menghasilkan gambar beresolusi besar yang kaya detail.

Pertama, Isocell HP2 membawa teknologi penggabungan "Tetra2pixel" yang mampu menggabungkan 16 piksel menjadi satu.

Dengan Tetra2pixel, satu sensor piksel berukuran besar akan mampu menangkap lebih banyak cahaya lagi ketimbang pixel binning empat piksel menjadi satu.

Teknologi Tetra2pixel ini disebut berguna ketika memotret di berbagai kondisi cahaya, utamanya kondisi cahaya redup.

Saat kondisi minim cahaya, kamera ponsel masih akan tetap bisa resolusi gambar mentok di 50 MP dengan ukuran tiap piksel 1,2 mikron atau 12,5 MP dengan ukuran tiap piksel 2,4 mikron.

Isocell HP2 ini juga memiliki teknologi Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG) Samsung yang paling mutakhir. Teknologi ini disebut mampu mengurangi hasil gambar over-exposed alias terlalu terang.

Baca juga: Samsung Galaxy S23 dan S23 Plus Resmi, Bawa Desain Kamera Boba dan Baterai Lebih Besar

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com