Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Fungsi CD dan DVD ROM di Komputer

Kompas.com - 17/02/2023, 03:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Perangkat keras (hardware) adalah bagian fisik pada komputer. Perangkat ini terdiri dari empat jenis. Mulai dari perangkat masukan data (input device), perangkat pemrosesan (processing device), perangkat penyimpanan data (storage device) dan perangkat keluaran data (output device).

Salah satu bagian penting dari komputer adalah perangkat pemrosesan (processing device). Perangkat ini merupakan salah komponen komputer yang digunakan untuk memproses dan mengolah data dari input device dan dikeluarkan oleh output device.

Perangkat Processing device memiliki beragam jenis. Salah satunya adalah CD/DVD ROM. Bagian ini seringkali digunakan untuk memproses beragam data di komputer. Lantas apa pengertian CD dan DVD ROM? Selengkapnya berikut ini ulasannya.

Baca juga: Pengertian Komponen Komputer: Input Output Processing dan Storage Device

Pengertian CD/DVD ROM

Compact Disk/Read-only-Memory (CD ROM) atau adalah perangkat pemrosesan data yang berfungsi membaca sekaligus mem-burning data berupa file dokumen, foto, audio, hingga video ke CD/DVD.

Sebelum adanya berbagai perangkat pnyimpanan lebih modern layaknya flashdisk dan cloud storage, sebagian pengguna seringkali menggunakan CD/DVD ROM untuk menyimpan datanya ke CD.

Untuk menyimpan data di CD/DVD pengguna juga harus melalui tahapan burning di komputer. CD dimasukkan melalui driver CD/DVD ROM, selanjutnya pengguna dapat mem-burning melalui fitur yang ada dalam komputer. 

Namun dewasa ini banyak jenis vendor laptop/komputer yang mulai meniadakan driver CD/DVD ROM pada laptop. Kendati demikian, pengguna masih bisa melakukan burning data pada komputer/PC. Umumnya driver CD/DVD ROM terletak pada CPU komputer.

Dilansir dari Tech Target, saat CD dimasukkan ke dalam driver CD ROM maka sinar laser drive memindai permukaan disk, dan membaca data yang disimpan. Data tersebut kemudian diubah menjadi sinyal digital yang dapat terbaca dan diproses oleh komputer.

Baca juga: Pengertian Booting di Komputer, Proses, dan Jenisnya

Fungsi CD dan DVD ROM

Berikut ini beberapa fungsi dari CD dan DVD ROM di komputer:

Membaca data

CD dan DVD ROM umumnya digunakan untuk membaca data yang tersimpan di CD/DVD tersebut. CD akan menampilkan beragam file yang tersimpan. Ketika Anda memasukkan pada driver CD di komputer, dokumen akan tampil dan pengguna bisa mengaksesnya.

Perlu diketahui bahwa CD sendiri memiliki beberapa jenis. Terdapat tiga jenis CD yaitu CD produksi standar (CD-DA), CD-R yang dapat merekam, dan CD-RW yang dapat ditulis ulang atau diedit.

Begitu pula dengan DVD yang memiliki beberapa jenis, seperti DVD-R, DVD-RW, DVD+R, DVD+RW, DVD-D, DVD-Vdeo, dan DVD-Audio. Seluruh jenis tersebut tentu memiliki beberapa fungsi yang berbeda. 

Menyimpan data

Selain membaca data, CD dan DVD ROM berfungsi untuk memproses penyimpanan data dari komputer ke CD. Untuk memproses data agar tersimpan di CD/DVD harus melalui proses burning data.

Burning data adalah proses memasukkan data/file pada sebuah CD/DVD dengan bantuan fitur yang ada dalam komputer.

Menginstal software

CD/DVD ROM juga digunakan untuk memproses penginstalan software tertentu. Seperti menginstal aplikasi Microsoft Office, Adobe PhotoShop, Windows, dan lain sebagainya.

Baca juga: Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Jaringan Komputer yang Perlu Diketahui

Biasanya software akan disimpan dalam bentuk floppy disket. Setelah itu CD akan dimasukkan pada CD/DVD ROM di dalam komputer. Perangkat kemudian akan membaca software yang siap diinstal di PC Anda. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com