Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Punya Akun Resmi Centang Hijau untuk Sebar Info

Kompas.com - Diperbarui 03/08/2023, 09:44 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp telah mulai meluncurkan akun resminya (official account) di ruang obrolan (chatroom) atau tab "chat" WhatsApp sendiri.

Official WhatsApp Account atau akun resmi WhatsApp di obrolan WhatsApp ini telah dirilis sejak Maret 2023 lalu. Pengumuman tentang akun resmi WhatsApp centang hijau ini bisa disimak di halaman resmi FAQ WhatsApp.

Pengguna akan mendapatkan pesan dari akun resmi WhatsApp yang ditandai dengan centang hijau.

Centang hijau itu menandai bahwa pesan berasal dari akun resmi dan membantu mencegah pengguna menjadi korban penipuan atau upaya phishing yang mungkin mencoba meniru akun WhatsApp resmi.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp di Indonesia, Join Grup Tak Semudah Dulu

Bagikan info fitur terbaru WhatsApp

WhatsApp dilaporkan mulai merilis Official WhatsApp Account untuk membagikan  berita terbaru soal pembaruan (termasuk syarat, kebijakan, fitur) dan tip tentang cara memanfaatkan WhatsApp secara maksimal.WABetaInfo WhatsApp dilaporkan mulai merilis Official WhatsApp Account untuk membagikan berita terbaru soal pembaruan (termasuk syarat, kebijakan, fitur) dan tip tentang cara memanfaatkan WhatsApp secara maksimal.
Lantas apa gunanya akun WhatsApp resmi yang mulai dirilis WhatsApp?

Secara umum, fungsi Official WhatsApp Account ini mirip dengan akun resmi Telegram di Telegram. Selama ini, Telegram selalu memberikan informasi terbaru soal Telegram lewat akun bercentang biru itu.

Akun WhatsApp resmi ini pun dirancang demikian, yakni untuk memberi pengguna berita terbaru soal pembaruan (termasuk syarat, kebijakan, fitur) dan tip tentang cara memanfaatkan WhatsApp secara maksimal.

Jadi, pengguna bisa mendapatkan informasi terbaru tanpa perlu repot mencari sendiri di internet.

Dari tangkapan layar yang dibagikan, terlihat bahwa hanya WhatsApp yang bisa mengirim pesan ke pengguna.

Baca juga: 10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Menurut laporan WABetaInfo, pesan pertama yang dikirimkan oleh akun resmi WhatsApp ini di chatroom berkaitan dengan cara menghilangkan pesan di WhatsApp dengan fitur disappearing messages.

Pesan WhatsApp itu menautkan "learn more" yang mengarahkan pengguna ke halaman Frequently Asked Question (FAQ) soal disappearing messages yang memungkinkan pengguna mengirim pesan yang otomatis akan hilang dari obrolan pengirim dan penerima setelah jangka waktu tertentu.

Sama seperti chat lainnya, pesan yang dikirim oleh Official WhatsApp Account juga bisa di arsipkan (archive), dibisukan (mute), bahkan diblokir bila pengguna tak ingin menerima notifikasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari FAQ WhatsApp, Kamis (3/8/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber WABetaInfo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com