Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp Biasa Beserta Fitur-fiturnya

Kompas.com - 27/03/2023, 16:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - WhatsApp merupakan aplikasi layanan pesan instan yang cukup masif digunakan di Indonesia. Tak hanya aplikasi WhatsApp Messenger yang biasa digunakan pengguna.

Namun WhatsApp Bisnis juga menjadi andalan pengguna di Indonesia khususnya para pemilik usaha, sebagai salah satu media komunikasinya agar tetap terhubung dengan konsumen.

Sejak muncul pada September 2017 lalu hingga kini WhatsApp menjadi andalan sebagian pelaku bisnis menjangkau konsumen lebih luas.

Meskipun sama-sama memiliki fungsi untuk menerima panggilan dan chatting pengguna, WhatsApp biasa dan WA Bisnis tentu memiliki perbedaan. Lantas apa saja perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp bias? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Baca juga: Fitur Direktori WhatsApp Business Hadir di Indonesia, Toko di WA Makin Gampang Dicari

Perbedaan logo

Pada WhatsApp Messenger logo yang terpampang adalah logo gambar telepon. Sedangkan WhatsApp Bisnis menggunakan logo dengan huruf kapital “B”. Masing-masing memiliki latar dengan warna hijau khas WhatsApp.

Nomor telepon

Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang hanya dapat menggunakan nomor ponsel, WhatsApp Bisnis memungkinkan pengguna menggunakan sekaligus nomor telepon rumah atau kantor. Meskipun demikian WhatsApp tetap menyarankan untuk tidak mengganti-ganti nomor dan menentukan nomor ponsel yang permanen.

Lantas apakah WA bisnis dan WA biasa dapat menggunakan satu nomor? Dilansir dari laman resmi WhatsApp, WA Mesenger dan WhatsApp Bisnis merupakan dua aplikasi yang berbeda.

Pengguna tidak dapat menggunakan nomor telepon yang sama untuk kedua aplikasi secara bersamaan. Namun Anda dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Proses verifikasi

Pernahkan Anda menghubungi WhatsApp Bisnis dengan akun yang memiliki lencana centang hijau? Hal ini berarti akun tersebut telah melalui proses verifikasi. Berbeda dengan WA biasa, WhatsApp Business memiliki proses verifikasi yang menandakan bahwa pihak WhatsApp telah memverifikasi nomor tersebut adalah milik perusahaan.

Baca juga: Kenapa Tidak Bisa Melihat Status WhatsApp Orang Lain, Apakah Pasti Diblokir?

Kategori akun

Saat mendaftar pertama kali WhatsApp Messenger penguna hanya dapat menjadi akun WhatsApp biasa pengguna tanpa informasi khusus. Sedangkan pada WhatsApp Bisnis, pengguna dapat memilih kategori akun bisnisnya. Misalnya saja kategori makanan.

Selain itu di WA bisnis, pengguna dapat memanfaatkan fitur bio yang dapat befungsi untuk menginfomasikan profil peusahaan. Beberapa informasi biasanya meliputi jam operasional, situs resmi, lokasi, dan lain sebagainya.

Label pesan

Fitur ini tak dapat Anda temukan di WhatsApp biasa. Fitur label memungkinkan pengguna mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga memudahkan Anda dalam mengorganisir pesan dari pelanggan.

Fitur balas otomatis

WhatsApp Bisnis memiliki fitur balas otomatis yang memudahkan pemilik usaha meningkatkan engagement-nya dengan balasan cepat dan akurat. Tentu fitur ini menguntungkan bagi para pelaku usaha.

Statistik pesan

Di WA Bisnis pengguna dapat melihat statistik pesan yang terkirim dan pesan yang diterima. Sehingga dapat memantau perkembangan bisnisnya. Tentu fitur ini tak dapat ditemukan di WhatsApp biasa dimana seringnya, pengguna justru menyembunyikan informasi jika pesan telah dibaca.

Katalog

Fitur katalog ini berfungsi untuk pengguna menampilkan dan memajang produknya agar dapat dilihat oleh pelanggan. Foto produk juga dilengkapi dengan deskripsi dan harga sehingga pelanggan dapat langsung memesan (add to cart) maupun menanyakan melalui fitur chat.

Tentu fitur ini tak dimiliki oleh WA biasa yang lebih berfungsi untuk layanan pesan personal.

Baca juga: Cara Membuat Katalog Produk di WhatsApp Business via HP dan Laptop

Fitur iklan Facebook

WhatsApp Bisnis memiliki fitur untuk mengontrol iklan di Facebook sehingga pemilik bisnis dapat menjangkau pelanggan lebih luas. Selain itu di WA Bisnis pengguna sekaligus dapat menghubungkan akun ke Facebook dan Instagram.

Beberapa fitur WhatsApp Bisnis lainnya dapat Anda ulas di artikel berikut ini. Itulah perbedaan WhatsApp Bisnis dan WhatsApp biasa. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com