Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ZV-E1, Kamera Vlog Pertama Sony dengan Sensor Full Frame Meluncur

Kompas.com - 01/04/2023, 19:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Sony resmi merilis kamera vlog terbarunya yang bernama Sony seri ZV-E1, Rabu (29/3/2023). Kamera ini merupakan kamera vlog pertama bikinan Sony yang hadir dengan sensor full-frame.

“(Kamera) ZV-E1 telah dirancang untuk pembuat video yang ingin meningkatkan konten mereka melalui alat pembuat konten yang premium,” ujar Vice President, Imaging Solutions, Sony Electronics Inc., Yang Cheng.

Di atas kertas, Sony ZV-E1 hadir dengan sensor full frame beresolusi 12 MP, sensor yang sama dengan Sony A7s III dan Sony FX3. Sensor tersebut dipadukan dengan teknologi kecerdasan buatan (AI/Artificial Intelligence), pemrosesan gambar dari BIONZ XR terbaru, dan teknologi pencitraan lainnya.

Baca juga: Kamera Buat Nge-vlog Sony ZV-1 Resmi Dijual di Indonesia, Harganya?

Gabungan teknologi tersebut pun secara tidak langsung membuat Sony ZV-E1 diposisikan sebagai kamera vlog yang nyaris setara dengan kamera Sony seri A7s III dan Sony FX3. Dikarenakan kamera vlog baru ini dimungkinkan menangkap menangkap objek di kondisi minim cahaya dengan kualitas yang tinggi.

Selain itu, Sony ZV-E1 juga memiliki kemampuan merekam video beresolusi 4K dengan frame rate 60 fps (frame per second), rasio gambar 4:2:2, hingga video 4K dengan 120 fps. Dengan fps yang semakin tinggi, artinya hasil perekaman bisa lebih mulus.

ZV-E1 juga dibekali fitur “Multiple Face Recognition”. Fitur tersebut memungkinkan kamera menyesuaikan aperture (f/bukaan) agar wajah subjek bisa memiliki fokus yang stabil.

Fitur Multiple Face Recognition juga mampu melakukan pembingkaiaan secara otomatis ketika merekam objek. Cara kerjanya adalah kamera bakal memotong gambar untuk menjaga subjek bisa tetap dalam frame (bingkai), walau sedang bergerak.

Sony ZV-E1 dibekali teknologi fitur baru lainnya bernama Dynamic Active Mode. Menurut Sony, fitur ini 30 persen lebih efektif menstabilkan guncangan daripada fitur Active Mode biasa.

Adapun dua fitur lainnya yang mencakup Framing Stabilizer dan Auto Microphone. Masing-masing fitur berfungsi menstabilkan posisi frame saat melakukan perekaman atau membidik objek, dan dapat mendeteksi suara subjek yang berbicara secara otomatis.

Untuk mempermudah gambaran, fitur Dynamic Active Mode berfokus menjaga gambar agar tetap stabil walau mengalami guncangan, sedangkan Framing Stabilizer ditujukan menjaga frame kamera tetap stabil dan tidak berpindah selama melakukan perekaman.

Baca juga: Sony Alpha 7R V Meluncur, Mirrorless Pertama Sony dengan Kecerdasan Buatan

Fitur lainnya, Real-time Recognition AF (Autofocus) dimungkinkan mendeteksi pergerakan dari manusia, binatang, burung, serangga, kendaraan (mobil, motor, kereta), dan pesawat terbang. Lalu, Breathing Compensation memungkinkan kamera tetap mempertahankan sudut pandangnya (depth of field), saat sedang mengatur fokus kamera.

Ilustrasi Sony ZV-E1Sony Ilustrasi Sony ZV-E1

Dikarenakan kamera ini memang dirancang untuk melakukan vlog, bodi yang dimiliki ZV-E1 didesain kecil dan ringan, sehingga membuat pengguna bisa nyaman menggenggam kamera selama seharian.

Di bagian bodi atas kamera, terdapat beberapa pengaturan berupa tombol yang memudahkan pengguna mengatur sudut pandang kamera, apakah ingin dibuat wide (luas) atau melakukan zoom (perbesaran).

Baca juga: Hey Guys Jadi Kalimat Pembuka yang Paling Sering Dipakai Vlogger di YouTube

Tidak hanya itu, pengguna juga dmungkinkan untuk merekam video bergaya cinematic melalui CInemascope. Jadi, rasio video yang diambil bisa mencapai 21:9 tanpa pengeditan apapun.

DIlansir KompasTekno dari GSM Arena, varian warna yang tersedia adalah putih dan hitam.

Sony ZV-E1 dibanderol seharga 2.199 dollar AS (Rp 33 jutaan) untuk bodi kamera saja. Sementara itu, jika ingin di-bundling bersama lensa 28-60mm (f/4/5-5.6) harganya menjadi 2.499 dollar AS (Rp 37 jutaan).

Banderol harga tersebut lebih murah ketimbang kamera Sony A7s III dan FX3. Padahal ketiganya hadir dengan kemampuan dan fitur yang serupa. Hal ini mungkin menjadikan Sony ZV-E1 sebagai kamera alternatif bagi pengguna yang baru saja terjun ke dunia konten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com