Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Redmi Note 12T Pro Meluncur dengan Chipset Dimensity 8200 Ultra

Kompas.com - 30/05/2023, 08:33 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Gizmochina

KOMPAS.com - Xiaomi resmi mengumumkan smartphone kelas menengah terbarunya dari yaitu Redmi Note 12T Pro. Smartphone ini diumumkan di pasar China, Senin (29/5/2023).

Xiaomi Redmi Note 12T Pro merupakan penerus dari Redmi Note 11T Pro yang meluncur Mei 2022 lalu.

Xiaomi Redmi Note 12T Pro ditenagai System-on-Chip (SoC) besutan MediaTek, Dimensity 8200 Ultra. Chipset ini pertama kali hadir untuk Xiaomi Civi 3 yang meluncur akhir Mei ini.

Kemampuan chipset ini sejatinya identik dengan "saudaranya" Dimensity 8200 tanpa embel-embel "Ultra". Chipset ini masih mengandalkan delapan inti prosesor (CPU) dengan kecepatan maksimal 3,1 GHz.

Baca juga: MediaTek Rilis Dimensity 8200-Ultra, Chipset Kolaborasi dengan Xiaomi

Hanya saja, model ini menghadirkan pembaruan di sisi chip pemrosesan gambar (Image Signal Processing/ISP) yang sudah dipoles sedemikian rupa untuk meningkatkan kualitas foto.

Smartphone teranyar Xiaomi ini juga dibekali media penyimpanan (storage) UFS 3.1 hingga 512 GB dan RAM hingga 12 GB LPDDR5.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 12T Pro

Xiaomi Redmi Note 12T ProGSMArena Xiaomi Redmi Note 12T Pro
Xiaomi Redmi Note 12T Pro dibekali layar seluas 6,51 inci dengan panel IPS LCD, resolusi Full HD Plus, dan refresh rate hingga 144 Hz.

Di bagian layar ini terdapat kamera selfie 16 MP dalam sebuah punch hole. Sementara itu, bagian punggung smartphone mid-range ini dilengkapi kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, serta kamera makro 2 MP.

Ketiga kamera ini disusun secara vertikal bersama LED flash dalam modul persegi panjang.

Soal daya, Xiaomi Redmi Note 12T Pro dibekali baterai 5.080 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 67 Watt.

Sedangkan untuk software, perangkat ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) MIUI 14.

Baca juga: Xiaomi Setop Update Redmi Note 9 Series

Xiaomi Redmi Note 12T Pro bakal tersedia di pasar China dalam tiga pilihan warna, yakni Black, White, dan Blue. Akan tetapi, Xiaomi sampai saat ini belum merincikan varian kapasitas penyimpanan dan RAM beserta harga jualnya.

Belum diketahui juga apakah smartphone ini akan menyambangi pasar global atau tidak.

Bila mengacu pada pendahulunya, Redmi Note 11T Pro, ada kemungkinan Redmi Note 12T Pro bakal dinamai ulang di pasar global, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (30/5/2023).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com