Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Kata “Gamon” yang Sering Muncul di Twitter dan Tiktok

Kompas.com - 31/05/2023, 13:29 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Bahasa gaul dan slang di media sosial memang tidak ada habisnya. Umumnya bahasa slang terbuat dari berbagai istilah asing maupun akronim kata tertentu. Salah satunya kata Gamon.

Gamon sebenarnya merupakan istilah yang sudah cukup lama dan populer di pengguna media sosial, seperti Twitter dan Tiktok. Tak hanya dunia maya, kata gamon juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kata Gamon sendiri kerap dikaitkan dengan permasalahan percintaan atau hubungan seseorang. Sebagian orang mengartikan Gamon sebagai seseorang yang belum bisa melepaskan masa lalunya.

Namun tak hanya sebatas konteks hubungan percintaan, Gamon juga sering digunakan pengguna dalam beragam konteks tergantung pada topik pembicaraan.

Misalnya saja pada utas twit di bawah ini.

Pada twit di atas pengguna menyandingkan kata gamon di akhir kalimatnya. Kata gamon dikaitkan dengan konteks video dan foto yang diunggah yaitu mengenai salah satu serial drama Korea.

Video dan foto menampilkan salah satu tempat yang pernah menjadi lokasi syuting salah satu drama korea. Pengguna menyematkan kata “Gamon” yang mengartikan bahwa dirinya masih tidak bisa melepaskan dan teringa-ingat tentang adegan dan film drama korea yang pernah ia tonton sebelumnya.

Contoh selanjutnya adalah kata Gamon yang dikaitkan dengan hubungan percintaan.

@umarnawir

gamon?

? original sound - starhitsid - StarHits

Video tersebut menampilkan ilustrasi teks percakapan seseorang yang sedang rindu akan masa lalunya. Video pun diiringi dengan salah satu lagu dengan lirik yang memperlihat kerinduan “Di mana Kamu”, “Sungguh susah buat lupa” dan dilengkapi dengan caption Gamon.

Dua kalimat lirik tersebut seolah mengartikan bahwa pengguna sedang berada dalam fase merindukan seseorang dan susah melupakannya.

Baca juga: Arti Kata MJB yang Sering Dipakai di Twitter

Arti Gamon

Gamon sendiri merupakan akronim dari kata bahasa Indonesia Gagal dan kata Move On dalam bahasa Inggris. Kombinasi dua kata ini dapat mengartikan mengenai kondisi seseorang masih belum bisa berpindah dari masa lalu yang pernah dilalui.

Makna kata Gamon memang sering merujuk pada hubungan percintaan namun tak lepas juga dari beragam konteks lain. Salah satunya sulit melupakan pengalaman seru, bahagia, dan lainnya yang pernah dilaluinya.

Sedangkan menurut Collins Dictionary, move on memiliki arti berpindah ke suatu tempat, meninggalkan tempat di masa lalu dan menuju tempat lain.

Sehingga Gamon atau gagal move on bermakna bisa jadi seseorang yang masih sulit berpindah dari kondisi lama (masa lalu) menuju situasi baru. Seseorang biasanya masih sulit meninggalkan kondisi masa lalunya yang memberikannya kebahagiaan tertentu.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Demikian arti kata Gamon yang sering muncul di Twitter dan TikTok. Meskipun demikian kata Gamon bisa jadi merujuk makna lain. Hal ini juga tergantung pada konteks, topik pembicaraan, dan perspektif masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com