Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain “Red Flag”, Ramai Pula Kata “Green Flag” di Medsos, Begini Artinya

Kompas.com - 01/06/2023, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Tak terhitung lagi berapa banyak bahasa gaul yang dipakai di media sosial (medsos). Dari sekian banyak bahasa gaul di media sosial, salah satunya yang tengah ramai dipakai belakangan adalah kata Green Flag.

Istilah Green Flag biasanya muncul di medsos sebagai lawan dari kata Red Flag. Green Flag dan Red Flag tampaknya merupakan dua variasi kata yang punya arti berbeda. Untuk arti istilah Red Flag, bisa dibaca di artikel ini “Arti Kata Red Flag”.

Baca juga: Saat Marc Marquez Tanya Arti Bucin ke Warganet Indonesia…

Lantas, apa yang dimaksud dengan Green Flag? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, berikut adalah penjelasan arti Green Flag yang ramai dipakai di medsos.

Arti Green Flag

Di medsos seperti Twitter, istilah Green Flag kerap dipakai untuk menyebut karakter dari seseorang, Contoh penggunaan istilah Green Flag dengan konteks tersebut bisa dilihat lewat salah satu twit di bawah ini dari akun dengan handle @dwpss_16.

Dalam twit itu, pengguna menjawab pertanyaan mengenai alasan kenapa seseorang tokoh tertentu bisa disebut dengan Green Flag. Pengguna menyebut tokoh yang dimaksud sebagai Green Flag karena punya beberapa karakter seperti baik dan sabar.

Baca juga: Bukan Kosmetik, Ini Arti Kata Maskara atau “Mascara” yang Tengah Viral di TikTok

Istilah Green Flag untuk menyebut karakter seseorang juga bisa dilihat lewat twit dari akun dengan handle @nraicn, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengguna menjawab pertanyaan tentang tindakan yang dilakukan oleh seorang laki-laki pada pasangannya. Akun @nraicn menyebut bahwa laki-laki dari pasangan itu beserta tindakannya sebagai Green Flag.

Selain dua contoh di atas, masih bisa dijumpai banyak lagi pengguna yang memakai istilah Green Flag untuk menyebut karakter seseorang.

Bila dilihat dari kebiasaan penggunaan di media sosial, istilah Green Flag tampaknya tak bisa diartikan secara harfiah. Green Flag merupakan kosakata dalam bahasa Inggris. Jika diterjemahkan katanya ke bahasa Indonesia, arti Green Flag adalah bendera hijau.

Arti Green Flag yang lebih relevan bila dilihat dalam bahasa gaul. Dikutip dari kamus bahasa gaul Urban Dictionary, arti Green Flag adalah tanda untuk menyebut seseorang yang memiliki karakter positif dalam hubungan sosial, bisa pertemanan atau percintaan.

Karakter positif dari orang yang disebut sebagai Green Flag itu, contohnya seperti bersikap dewasa, bertanggung jawab, jujur, dan penyayang. Arti ini berkebalikan dengan istilah Red Flag yang memiliki makna tanda peringatan bahaya atas seseorang karena berkarakter negatif.

Baca juga: Arti Istilah “Bombastic Side Eye” yang Sering Digunakan di Medsos

Dengan arti Green Flag tersebut, bila ada pengguna yang menggunakan istilah Green Flag di medsos, itu tandanya mereka ingin menyebut seseorang yang memiliki karakter positif. Demikianlah penjelasan arti Green Flag yang ramai di medsos, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com