Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatur Foto Profil WhatsApp agar Tidak Mudah Dicuri Penipu buat Scam

Kompas.com - 02/06/2023, 13:05 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Penipu online memiliki berbagai cara untuk dapat memperdaya pengguna atau korban, salah satunya dengan memakai foto profil palsu. Belakangan ini, marak beredar penipuan online atau scam lowongan kerja.

Penipu membagikan scam lowongan kerja dengan bergaya seolah-olah seperti pihak dari perusahaan resmi. Dalam melancarkan aksi seperti ini, penipu tak jarang memakai foto profil palsu yang didapatkan dari hasil mencuri foto profil milik pengguna lain.

Baca juga: Ramai Dibagikan Penipu di WA, Ini Ciri-ciri Aplikasi APK Jahat yang Wajib Dihindari

Bila modusnya sudah seperti itu maka foto profil di berbagai platform, termasuk WhatsApp (WA), wajib buat dijaga agar tidak dicuri penipu buat melakukan aksi kejahatan seperti penipuan lowongan kerja.

Di WhatsApp sendiri, pengguna sejatinya dapat mengatur foto profil agar tidak dilihat dan diakses oleh orang lain. Untuk menghindari pencurian foto profil oleh penipu, silakan simak penjelasan mengenai cara mengatur foto profil WA di bawah ini.

Cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak dicuri penipu

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel dan klik menu “Settings” atau “Setelan”.
  • Selanjutnya, pilih menu “Privasi”.
  • Klik opsi “Foto Profil”.
  • Pengguna bakal disajikan dengan beberapa pilihan pengaturan visibilitas (keteraksesan) foto profil WhatsApp.
  • Supaya tak mudah dicuri oleh orang asing atau penipu, sebaiknya jangan memilih pengaturan semua orang bisa melihat foto profil WA.
  • Pengguna bisa memilih agar foto profil WA hanya dapat dilihat oleh kontak (pengguna lain yang telah tersimpan nomornya).
  • Bila tak perlu menampilkan foto profil sema sekali, pengguna bisa memilih pengaturan tidak ada pengguna lain yang dapat melihat foto profil.

Ilustrasi cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak dicuri penipu.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak dicuri penipu.

Itulah penjelasan mengenai cara mengatur foto profil WhatsApp agar tidak mudah dicuri penipu. Sebagai informasi tambahan, untuk menghindari penipuan online, jangan mudah percaya informasi yang tidak dibagikan dari kanal lembaga, institusi, atau perusahaan resmi.

Pengguna juga sangat disarankan untuk tidak membagikan data pribadi ke orang asing, apa pun bentuknya. Kemudian, penting diketahui dan diingat pula, modus penipuan online itu terus berkembang.

Beberapa yang pernah kami catat, antara lain seperti modus penipuan lowongan kerja, penipuan undangan nikah, dan penipuan tagihan BPJS Kesehatan. Semua modus tersebut menargetkan untuk menguras uang pengguna.

Baca juga: Apa Itu Kode OTP yang Bisa Dicuri dalam Modus Penipuan Link Undangan Nikah di WhatsApp?

Untuk terus berhati-hati, silakan baca lebih lengkap bagaimana ragam modus penipuan online itu beroperasi di artikel ini “Hati-hati, 3 Modus Penipuan via WhatsApp Ini Marak dalam Sebulan Terakhir”.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com