Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Istilah Canon Event yang Lagi Ramai di Media Sosial

Kompas.com - 15/06/2023, 10:20 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari ini, media sosial (medsos) tengah diramaikan dengan penggunaan istilah Canon Event. Istilah ini mungkin masih cukup asing terdengar di sebagian besar telinga pengguna. Lantas, apa yang dimaksud dengan Canon Event?

Baca juga: Arti Tanda Titik Koma atau “Semicolon” yang Sering Dibagikan di Medsos, Jangan Remehkan

Di medsos seperti Twitter, istilah Canon Event dipakai buat menceritakan pengalaman atau peristiwa yang terjadi pada pengguna. Contohnya bisa dilihat lewat salah satu twit dari akun dengan handle @kristoimmanuel, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit tersebut, pengguna membubuhkan kata Canon Event sembari menceritakan pengalaman hidupnya selama ini. Selain contoh itu, istilah Canon Event di Twitter kerap dipakai berbarengan dengan gambar Spiderman, salah satu tokoh superhero.

Contoh penggunaan istilah Canon Event dengan konteks seperti itu bisa dilihat lewat twit dari akun @B00K0FTRIBE, sebagaimana tertera di bawah ini.

Pada twit itu, pengguna menulis kalimat yang dalam bahasa Indonesia artinya “apa canon event darinya?” sembari menyertakan gambar kucing yang memakai kostum Spiderman. Mengingat istilah ini tengah ramai dipakai di medsos, berikut adalah penjelasan artinya.

Arti Canon Event yang ramai di medsos

Canon Event merupakan kosakata bahasa Inggris, yang bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah peristiwa atau kejadian kanon. Di bahasa Indonesia, arti kanon sendiri adalah peraturan atau ketetapan.

Istilah Canon Event pada dasarnya muncul di media sosial baru-baru ini, tepatnya setelah film Spider-Man: Across the Spider-Verse tayang di bioskop sejak sekitar awal Juni 2023.

Sebagai informasi, film tersebut menceritakan petualangan Spiderman Miles Morales bertemu dengan beraneka macam versi Spiderman selain dirinya di universe atau semesta lain dalam multiverse (multi-semesta).

Di film Spider-Man: Across the Spider-Verse, terdapat adegan Spiderman versi Miguel O’Hara menjelaskan kepada Spiderman Miles Morales tentang konsep dari Canon Event.

Dikutip dari Know Your Meme, sebagaimana dijelaskan Miguel O’Hara, arti Canon Event adalah kejadian atau peristiwa yang pasti atau ditetapkan terjadi pada Spiderman di semesta manapun dalam multiverse.

Canon Event dalam Spiderman itu, misalnya, Spiderman di berbagai semesta mengalami kejadian serupa, yaitu kehilangan orang terkasih dan tergigit oleh laba-laba radioaktif. Canon Event tak harus pengalaman yang menyedihkan, tetapi juga bisa pengalaman bahagia.

Baca juga: Arti Kata “Red Flag”, Bahasa Gaul yang Lagi Ramai Dipakai di Twitter dan TikTok

Dengan penjelasan di atas, bila disangkutkan dengan kehidupan nyata, Canon Event artinya adalah pengalaman yang pasti atau ditetapkan terjadi pada seseorang. Istilah Canon Event bisa dibilang mirip seperti konsep takdir.

Demikianlah penjelasan mengenai arti Canon Event yang lagi ramai digunakan di medsos, semoga bermanfaat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com